Sukses

Desa di Pesisir Barat Diangkat Menjadi Sebuah Film Dokumenter oleh Hanung Bramantyo

Film dokumenter berjudul 'Desa Para Pemimpi(n)' tersebut mengangkat kisah inspiratif tentang perjuangan membangun kemajuan Desa Tanjung Setia yang dikenal sebagai salah satu surfing spot terbaik di Indonesia, bahkan berkelas dunia

Liputan6.com, Lampung Hanung Bramantyo, Produser film ternama di Indonesia kembali membuat karya yang berlatar pedesaan di Pesisir Barat

Desa yang digarap langsung oleh Hanung Bramantyo dalam film dokumenter itu yakni Desa Tanjung Setia, Kecamatan Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung

Film dokumenter berjudul 'Desa Para Pemimpi(n)' tersebut mengangkat kisah inspiratif tentang perjuangan membangun kemajuan Desa Tanjung Setia yang dikenal sebagai salah satu surfing spot terbaik di Indonesia, bahkan berkelas dunia. 

Trailer film dokumenter ini sendiri telah diunggah oleh artis Andhika Pratama melalui akun Instagramnya @andhiiikapratama.

"Mimpi gw yang belum keturutan itu belajar surfing, karena selain suka banget pantai, gw pengen banget bisa surfing biar bisa cobain surfing spot yg keren-keren di Indonesia. Salah satunya surfing spot yg ada di Lampung. Tempat ini kelas dunia tapi dikelola oleh desa. Gokil!," tulis Andika Pratama dalam keterangan caption unggahannya, dikutip Selasa (21/11/2023).

"Ada satu cerita tentang Desa Tanjung Setia, di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Desa ini awalnya sepi, tapi sekarang jadi destinasi surfing kelas dunia. Kenapa? Karena ada orang yang punya mimpi dan mau berjuang mewujudkan mimpinya. Melawan keraguan dan percaya pada keyakinan," sambungnya. 

Andika menjelaskan, jika film dokumenter itu merupakan gagasan dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri dengan menggandeng sutradara Hanung Bramantyo.

"Cerita dari desa ini diangkat sama Mas @hanungbramantyo atas mandat dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri @binapemdes_kemendagri jadi film doku-drama yang keren banget. Diangkat dari kisah nyata. Orangnya ada beneran. Trailernya aja bagus banget! Tunggu tanggal mainnya. Ikuti terus hashtag #kisahdesadalamnegeri," ungkapnya

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal Terlibat Langsung dalam Pembuatan Film

Terpisah, Kepala Diskominfotiksan, Suryadi, mengatakan pembuatan film dokumenter tersebut merupakan program Kemendagri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa. 

"Di mana saat proses syuting film yang berjudul Desa Para Pemimpi(n) sedang berlangsung di Pantai Mandiri, Bupati Agus Istiqlal ikut shooting film sekaligus ikut hadir dalam rangka memberikan dukungan agar dalam pelaksanaannya sukses dan menghasilkan film yang berkualitas baik, serta memaparkan berbagai spot pariwisata dan berbagai potensi yang terkandung di Bumi Para Sai Batin dan Ulama ini," ujar Suryadi, seperti dikutip pada laman pesisirbaratkab.go.id.

Dijelaskan Suryadi, pembuatan film dokumenter succes story sebagai bentuk penyelenggaraan pemerintah desa dalam penguatan kelembagaan dan kualitas belanja desa dalam Program Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).

"Proses pembuatan film tersebut bekerja sama langsung dengan sutradara ternama, Hanung Bramantyo," ungkap Suryadi.

Sementara itu, Suryadi juga mengatakan beberapa titik yang menjadi lokasi pembuatan film, di antaranya pasar Krui, Pantai Mandiri, penangkaran penyu di Muara Tembulih, Pantai Tanjung Setia, air terjun Talang Penyangu, area perkebunan kelapa, pelabuhan nelayan, Balai Pekon Tanjung Setia, Pasar Sumur Jaya, Warung One and Two Be Free, dan Ninety Five Coffee Shop and Food. Selain itu, Ding Refair Surf Board, sanggar tari, Ombak Indah Resort, rumah warga, dan Kayana Surf Shop.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini