Sukses

Sederet Wisata di Wonosobo yang Wajib Dikunjungi, Surganya Pecinta Alam

Wonosobo, dengan daya tarik alamnya yang memikat dan kekayaan budayanya yang mendalam, melibatkan setiap pengunjung

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah dataran tinggi, Wonosobo, Jawa Tengah semula hanya dikenal sebagai wilayah pertanian yang subur. Namun kini Wonosobo telah berkembang menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman serba baru.

Wisata Wonosobo, dengan daya tarik alamnya yang memikat dan kekayaan budayanya yang mendalam, melibatkan setiap pengunjung dalam petualangan tak terlupakan.

Sebuah permata tersembunyi yang mengundang para penjelajah untuk meresapi keindahan alam dan budaya.

Dari pegunungan hingga ke desa-desa yang tenang. Wonosobo hadir sebagai tempat yang cocok bagi para pecinta alam dan penikmat keindahan budaya.

Wonosobo, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, tidak hanya dikenal sebagai lumbung padi yang subur, tetapi juga menyimpan keindahan alam dan kekayaan budaya yang menakjubkan.

Mari kita menjelajahi beberapa objek wisata menarik yang membuat Wonosobo layak dikunjungi.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan destinasi wisata di Wonosobo yang wajib dikunjungi. Bukit Sikunir sendiri merupakan bagian penting dari dataran tinggi Dieng.

Sama seperti Gunung Prau, Bukit Sikunir juga menyimpan banyak hal menarik untuk dikunjungi. Bukit Sikunir terletak di Tieng Krajan, Kecamatan Tieng.

Nama Sikunir pada awalnya berasal dari tanaman rempah untuk masak, yakni kunir. Kunir sendiri biasanya digunakan dalam makanan sebagai pewarna kuning alami. Maka, nama sikunir disematkan untuk sebuah bukit yang selalu menyajikan golden sunrises yang akan membuat siapapun terpesona.

Telaga Warna

Telaga Warna terkenal dengan fenomena alamnya yang unik. Warna air di telaga ini bisa berubah-ubah, bisa biru, kuning, bahkan seperti pelangi.

Fenomena ini terjadi karena air danau banyak mengandung belerang. Artinya bila terkena sinar matahari, warna danau akan berubah.

Telaga Warna akan banyak tertutup kabut sehingga mengurangi jarak pandang. Bagi yang berkunjung ke Telaga Warna pasti akan disuguhi pemandangan yang menawan.

Destinasi wisata di Wonosobo yang satu ini pastinya cocok untuk beristirahat setelah beraktivitas sehari-hari. Danau ini terletak di Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wisata Wonosobo

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo yang cocok untuk menikmati indahnya pemandangan Telaga Warna. Destinasi wisata ini sendiri dikenal juga dengan nama Batu Pandang Dieng.

Dari atas, Anda akan menyaksikan pemandangan danau biru yang indah berpadu dengan pepohonan hijau yang rimbun. Lokasi Batu Ratapan Angin sangat mudah diakses dan dekat dengan tempat wisata lainnya.

Batu Pandang Ratapan Angin sendiri terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo atau 27 km dari pusat Kota Wonosobo.

Telaga Menjer

Telaga ini berlokasi di Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Telaga ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika bertandang ke Wonosobo.

Dengan luar mencapai sekitar 70 hektar, para pengunjung dapat menikmati keindahan yang telaga ini dengan sangat puas. Di Telaga Menjer, Anda bisa menyewa perahu dari masyarakat setempat untuk mengunjungi danau tersebut.

Selain itu, banyak aktivitas liburan yang bisa dilakukan di danau ini, mulai dari olah raga hingga aktivitas outdoor. Usai perjalanan yang melelahkan, pengunjung juga dapat dengan mudah melanjutkan wisata kuliner di beberapa toko atau tempat makan yang ada di sekitar danau.

Selain itu, Telaga Menjer juga merupakan tempat yang bagus untuk menyaksikan panorama matahari terbenam atau matahari terbit keemasan.

Pemandian Air Panas Kalianget

Pemandian Air Panas Kalianget cocok bagi Anda yang ingin mensucikan tubuh dan menikmati air panas langsung dari alam. Tempat ini berlokasi di Kalianget, Somogede, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo.

Destinasi wisata ini sudah ada sejak lama, namun baru belakangan ini populer di kalangan wisatawan. Berenang dan berendam sambil menikmati indahnya alam Wonosobo tentu menjadi ide bagus.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.