Sukses

Kaskus Memasuki Usia 24 Tahun, Warganet Bernostalgia

Situs Komunitas Online 'Kaskus' telah memasuki usia 24 tahun. Kehadirannya membawa banyak sekali nostalgia pada masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Situs komunitas online ‘Kaskus’ saat ini telah memasuki usianya yang ke-24 tahun dan menjadi trending topic di media sosial X. Seperti kita ketahui Kaskus menjadi situs online yang mempunyai banyak kenangan kepada para penggunanya.

Pembahasan kaskus yang sudah memasuki usia 24 tahun tersebut berawal dari unggahan Andrew Darwis. Ia dikenal sebagai pendiri kaskus dan untuk merayakan 24 tahun kehadiran situs komunitas tersebut ia mengunggah video yang berisi meme legendaris di Kaskus.

Gak kerasa hari ini kaskus sudah 24 tahun, ini iseng bikin video buat nostalgia jaman-jaman Kaskus dulu, kalian waktu jaman dulu udah ketemu apa aja di kaskus? ketemu lagi yok di kaskus! #kaskus24bday #sundulgan,” tulis @adarwis.

Unggahan tersebut saat ini telah disaksikan oleh 1.1 juta pengguna X dan telah di retweet oleh 3.7 ribu pengguna. Sementara itu kolom reply dipenuhi dengan warganet yang menceritakan momen-momen nostalgia mereka ketika menggunakan Kaskus.

Sejumlah warganet banyak mengingat kata-kata unik yang lahir dari situs tersebut diantaranya sundul gan, pertamax, afgan, cendol, kopdar, BB, delon, FJB, dan masih banyak lagi. Selain itu banyak juga warganet yang mengunggah bagaimana mereka bisa bertemu dengan teman baru.

Di Kaskus ketemu sm Chika lalu bandung lautan asmara, hbd Kaskus! Sundul gaaaan,” tulis @_ajooo.

Angkatan 2008 yg sempet ngalamin serangan DDOS & sering maintenis. Sempat punya kaos ‘Kaskus Saved My Life’ karena meman sepenting itu dulu Kaskus nemenin di perantauan & ketemu banyak temen yg awet sampe skr,” kata @ruangtaktik.

Masih inget jaman itu, kopdar ama anak2 reg, namu ke reg tetangga, tukeran atribut belajar dagang onlinee jaman sekolah lewat fjb, bahkan sampe sekarang istilah yang biasa dipake di fjb kaskus jadi bahasa universal fjb indo. Panjang umur kaskus! Makasih @adarwis udah bikin kaskus!,” kata @alchemi5t_.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantas Apa Itu Kaskus?

Kaskus merupakan sebuah situs komunitas online yang terkenal pada era 2000-an dan menjadi forum yang diminati oleh pengguna luar dan dalam negeri. Forum ini hadir bahkan sebelum adanya era media sosial seperti saat ini.

Platform kaskus saat itu menjadi wadah untuk mencari informasi baru dan bersosialisasi dengan orang seperti sekarang yang sering dilakukan di media sosial. Kaskus sendiri berdiri sejak 1999 oleh tiga orang mahasiswa asal Indonesia.

Tiga mahasiswa tersebut asalnya tengah menempuh pendidikan di luar negeri yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Asalnya forum ini hadir untuk mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Namun, seiring berjalannya waktu situs tersebut mulai berkembang pesat tidak hanya sebagai komunitas namun juga munculnya forum jual beli online. Sebelum hadirnya Tokopedia, Shopee, hingga Lazada situs Kaskus lah yang pertama melakukan forum jual beli tersebut.

Saat ini, Kaskus telah berdiri selama 24 tahun dan kehadirannya membawa banyak sekali kenangan-kenangan. Bahkan banyak istilah-istilah unik yang dicetuskan oleh situs Kaskus dan menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.