Sukses

Cerita Nekat Bocah Kelas 6 SD di Lampung Banting Penjambret

Dari keberaniannya melawan penjambret, Rizky Maulana mendapat penghargaan dari Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika.

Liputan6.com, Lampung-- Rizky Maulana (12), bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD) berani menggagalkan penjambretan yang dialaminya. Satu pelaku dibanting hingga terjatuh.

Jika melihat tubuh Rizky sedikit kurus dan kecil, tidak ada yang menyangka dia menggagalkan penjambretan. Namun, dari tubuh kecil tersebut, tersimpan keberanian dan "kenekatan".

Rizky mengaku tidak berpikir panjang saat dia mengejar pelaku penjambretan yang mengambil ponselnya ketika duduk di depan rumahnya di Kecamatan Kedamaian, Bandar Lampung, pada Jumat (20/10/2023).

"Refleks saja. Langsung ngejar pelaku pas diambil (dirampas)," kata Rizky di Mapolda Lampung, Rabu (25/10/2023).

Rizky mengaku mengejar pelaku dengan harapan bisa mengambil kembali ponselnya. Dalam pikirannya, dia hanya ingin agar si pelaku tidak kabur dan bisa tertangkap.

Bahkan, dia tidak sadar jika ponselnya itu telah jatuh dari genggaman si pelaku.

"Saya tarik jaketnya sampai saya juga jatuh. Ini kemarin sempat sakit. Pokoknya dia (pelaku) harus ketangkap," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendapat Reward dari Kapolda Lampung

Ayahanda Rizky Maulana, Rafi Manaf mengaku tidak menyangka putranya itu berani mengejar pelaku. Karena itu, dia pun bangga begitu melihat rekaman video kamera pengawas (CCTV) saat Rizky melawan penjahat.

"Ya bangga, bisa ketemu Kapolda juga tadi, diundang ke ruangan," kata Rafi.

Atas keberaniannya, Rizky pun diundang oleh Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Helmy Santika ke ruang kerjanya.

Rizky bercerita langsung kepada Kapolda detik-detik dia mengalami penjambretan. Rizky pun mendapat penghargaan berupa bantuan pendanaan untuk sekolah dan diajak berkeliling Polda Lampung menggunakan mobil golf.

Irjen Helmy Santika mengatakan, penghargaan itu hanya hadiah kecil untuk Rizky yang kebetulan berulang tahun pada 29 Oktober nanti.

"Cuma hadiah kecil buat penyemangat sekolah," katanya.

3 dari 3 halaman

Cerita Rizky Menggagalkan Penjambretan

Diketahui, sebuah video seorang bocah menggagalkan aksi penjambretan viral di media sosial. Pelaku ditarik hingga terjatuh dari sepeda motornya oleh sang bocah.

Video yang berupa rekaman kamera CCTV sepanjang 1.27 menit memperlihatkan detik-detik terjadinya aksi penjambretan.

Dalam video itu, sang bocah yang belakangan diketahui bernama Rizky Maulana (12) tampak sedang bermain ponsel sambil duduk di kursi depan rumah.

Kemudian muncul sepeda motor jenis Beat warna putih-biru yang ditumpangi tiga orang mengenakan sweater hoodie masuk ke gang di samping rumah sang bocah.

Detik berikutnya, Rizky terlihat mengejar dan menarik pelaku hingga terjatuh dari sepeda motor. Ponsel yang dirampas juga terlihat jatuh ke jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini