Sukses

Wamena Bersorak Senang, Ribuan Warga Ikut Operasi Katarak Hingga Dapat Sembako Gratis

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dari YPP SCTV-Indosiar dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Dara, PPAD dan Perdami

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih YPP SCTV-Indosiar menggelar kegiatan sosial melakukan operasi katarak gratis di Wamena Papua. Selain operasi katarak, ribuan warga yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mendapat bantuan sembako gratis.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama dari YPP SCTV-Indosiar dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Dara, PPAD dan Perdami. Antusiasme warga yang datang ke acara operasi katarak gratis tersebut mengucapkan terima kasih atas berlangsungnya kegiatan ini.

"Kami berterima kasih sekali merasa terbantu dengan adanya kegiatan operasi katarak gratis ini. Warga bisa beraktivitas lebih baik apalagi ditunjang dengan pemberian sembako gratis," kata salah seorang warga Wamena Papua, Luis Pelopere.

Luis yang masih muda ini merupakan salah satu warga Wamena yang sudah lama merindukan kembali bisa melihat. Ia mengaku, banyak warga yang tidak maksimal beraktivitas karena terkendala gangguan penglihatan.

Selama beberapa hari kedepan, warga Wamena akan mendapatkan layanan operasi katarak, pemberian sembako hingga layanan kesehatan lainnya secara gratis.

Ketua Pelaksana Baksos PPAD Mayjen TNI (Purn) Eko Budi mengatakan, kolaborasi kegiatan tersebut direncanakan selam 3 hari. Mulai dari tanggal 24 Oktober sampai 27 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melihat Terang

Ia mengaku, banyak peminat dari masyarakat mulai penderita katarak, bibir sumbing saja, pengobatan gigi dan umum. Kegiatan yang sama dilakukan di kabupaten Puncak Jaya dan Mimika.

"Kita tak hanya memberikan pelayanan kesehatan saja namun juga membantu pemberian vitamin, kacamata baca dan sembako bagi setiap pasien yang ditangani,” ujarnya.

Perwakilan Emtek Grup, Abas Yahya menyatakan kegiatan ini hasil dari pengumpulan donasi di seluruh Indonesia. Dari donasi tersebut, yayasan kolaborasi membantu dan berbagi pada saudara-saudara di seluruh Indonesia untuk berbagi kasih.

Sementara itu, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPM Atenius Murip mengatakan, kegiatan tersebut dilandasi dari masih tingginya angka buta katarak di Wamena dan sekitarnya. Kegiatan tersebut bertajuk Kitorang Melihat Terang.

"Antusiasnya tinggi dan kami pun senang bisa berbagi membantu warga hingga bisa kembali melihat lagi," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.