Sukses

Dukung Putra Daerah, PAN Sumsel Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres dalam Pilpres 2024

Dukung putra daerah Sumsel, PAN inginkan Erick Thohir menjadi cawapres dalam Pilpres 2024 mendatang.

Liputan6.com, Palembang - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya memutuskan menolak gugatan usia minimal calon presiden dan calon wakil presiden (cawapres) berusia 35 tahun.

Keputusan tersebut membuka peluang bagi Erick Thohir yang digadang-gadangkan cocok untuk mendampingi Prabowo Subianto berlengggang di kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Sosok Erick Thohir yang merupakan putra daerah asal Sumatera Selatan (Sumsel) juga mendapat dukungan dari DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sumsel.

Menurut Kader Pan Sumsel Qodri Usman Siregar, Erick Thohir merupakan pribadi yang pintar, rasional, visionernya jelas yang menjadi tokoh nasional yang juga berkecimpung di kancah internasinal khususnya di sektor perekonomian.

“PAN sangat layak mengusung Erick Thohir jadi cawapres. Cawapres bisa saja dilempar ke Ganjar atau Prabowo. Tapi ini adalah hasil politik kita, kita yakin Erick Thohir representatif di lingkaran istana,” ucapnya dalam Ngobrol Seputar Pemilu (Ngopilu) ‘Erick Thohir Cawapres 2024’ yang digelar oleh Forum Mahasiswa Pemantau Pemilu (FMPP) Sumsel di Kopimel, Sabtu (15/10/2023).

Sebagai mantan Ketua Pemenangan Capres-cawapres 2019 Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir dinilai mempunyai rekam jejak yang baik di dunia politik.

Sinyal politik di PAN juga sangat bagus, terlebih dengan koalisi parpol yang terbangun. Dia melihat Erick Thohir cenderung akan digandeng oleh capres Prabowo Subianto.

“Kita serahkan kepada DPP PAN. Harapan besar Sumsel (Erick Thohir), karena dia adalah salah satu putra terbaik Sumbagsel. Kita inginkan Erick Thohir jadi cawapres ke depan,” katanya.

Akademisi sekaligus dosen Fakultas Fisip Unsri M Haikal Al-Haffafah mengatakan, ada tren positif di kalangan milenial untuk mendukung Erick Thohir. Apalagi pengalaman Erick Thohir saat menjadi Menteri BUMN sangat baik.

Tercatat, Erick Thohir memberikan sumbangsih ke BUMN sekitar Rp80 triliun, angka yang dirasanya melompat jauh lebih baik dari menteri sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dipercaya NU

“Rekam jejaknya sangat baik. Selain sebagai Ketua PSSI, di NU juga diterima dengan baik dan dipercaya oleh Presiden Joko Widodo. Di level cawapres, radar Erick Thohir bagus. Tapi melihat peluangnya ke Ganjar atau Prabowo. Arahnya ke Prabowo, tapi tidak menutup kemungkinan ke Ganjar. Lihat ke Jokowi juga,” katanya.

Bagi pemilih NU di Jawa Timur (Jatim) levelnya juga tinggi dan juga faktor elektoralnya juga tinggi. Selain diterima sebagai dewan kehormatan di Banser, Erick Thohir juga dipercaya sebagai panitia perhelatan 100 tahun NU.

“Ini mengikat kepercayaan kaum NU dan punya visi misi sama dalam NU,” ungkapnya.

Menurut Ketua IPNU Sumsel Dodi Hari Utama, mereka mempunyai kajian sendiri terhadap sosok Erick Thohir, terlebih saat memimpin Kementerian BUMN.

“Sangat luar biasa kemajuan di BUMN. Karena Erick Thohir yang memimpin BUMN dan PSSI sangat baik. IPNU tidak bisa berpolitik, karena kita tegak lurus dengan PBNU. Tapi orang-orangnya bisa berpolitik,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini