Sukses

Ratusan Polisi Dikerahkan Padamkan Kebakaran Lahan di Indragiri Hulu, Ini Hasilnya

Ratusan polisi dikerahkan memadamkan dan mendinginkan kebakaran lahan di beberapa desa di Indragiri Hulu dengan rintangan minim sumber air dan tiupan angin kencang.

Liputan6.com, Pekanbaru - Ratusan personel Polres Indragiri Hulu dikerahkan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pemadaman dipimpin Kapolres AKBP Dody Wirawijaya dan Wakil Kapolres Kompol Teddy Adrian SIK.

Kebakaran lahan di Indragiri Hulu sudah terjadi beberapa hari. Pemadaman melalui darat dan udara dilakukan sehingga jerih payah petugas mulai membuahkan hasil.

AKBP Dody dikonfirmasi melalui Kasubsi Penmas Aipda Misran menyebut kebakaran sudah bisa dikendalikan. Petugas masih di lokasi melakukan pendinginan agar api tak menyala lagi.

Misran menjelaskan, kebakaran di Indragiri Hulu terjadi di Desa Sungai Raya, Sekip Hilir dan Payarumbai. Tidak hanya Polres, pemadaman juga melibatkan Polsek Pasir Penyu, Polsek Kuala Cenaku hingga Polsek Siberida.

"Pemadaman melibatkan sejumlah instansi seperti TNI dan masyarakat peduli api," kata Misran, Selasa petang, 10 Oktober 2023.

Misran menyebut sudah berhari-hari petugas di lokasi pemadaman Karhutla. Salah satu kendala yang dihadapi adalah minimnya sumber air karena musim kemarau.

"Kemudian angin kencang di lokasi yang membuat api cepat menyebar," jelas Misran.

Pemadaman berhari-hari ini akhirnya terbantu oleh hujan dan water bombing yang dilakukan. Saat ini, petugas tinggal melakukan pendinginan.

Menurut Misran, pendinginan melibatkan 4 kompi polisi. Satu kompi ada 44 personel dan disebar ke sejumlah lokasi pendinginan.

"Sebelumnya itu apel di Polres, berangkat ke lokasi membawa peralatan," ujar Misran.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatian Kapolda

Berdasarkan foto bekas kebakaran yang dilihat wartawan, luasannya sudah mencapai puluhan hektare bahkan ratusan. Kebakaran terjadi di lahan kosong tapi di sebelahnya ada kebun sawit.

Belum diketahui apakah lahan terbakar itu milik perorangan atau korporasi. Kebakaran juta belum diketahui apakah disengaja atau tidak karena polisi masih melakukan penyelidikan.

Sebelumnya, kebakaran di Indragiri Hulu menjadi perhatian Kepala Polda Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal. Iqbal sudah memerintahkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Komisaris Besar Teguh Widodo melakukan penyelidikan.

"Saya sudah perintahkan Dirkrimsus turun ke lokasi tersebut untuk lidik penyebab Karhutla di sana," tegas Iqbal.

Iqbal menyebut Polres Indragiri Hulu sudah ke lokasi sejak awal Karhutla terjadi. Bahkan Kapolres juga berada di lokasi memimpin pemadaman.

"Sejak kemaren tim gabungan maksimal melakukan pendinginan karena vegetasi di lahan tersebut adalah gambut," katanya.

Iqbal bersyukur hujan sudah turun di wilayah itu sehingga mempercepat pemadaman dan pendinginan di lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini