Sukses

Kapal Instalasi Turbin Angin Lepas Pantai untuk Penta-Ocean Jepang di Batam

SEP CP-16001 adalah kapal instalasi turbin lepas pantai.

Liputan6.com, Batam - PaxOcean Group (PaxOcean) meluncurkan kapal Platform Pengangkat Diri (Self-Elevating Platform/SEP) untuk instalasi turbin angin lepas pantai dengan nomor seri CP-16001 (SEP CP-16001) kepada Penta-Ocean Construction Co. Ltd. (Penta-Ocean).

SEP CP-16001 adalah kapal instalasi turbin lepas pantai seri GJ-9800C yang dirancang oleh GustoMSC dan akan dioperasikan di wilayah lepas pantai Jepang.

Seremoni penyerahan kapal SEP CP-16001 dari PaxOcean kepada Penta-Ocean berlangsung di galangan kapal PaxOcean di Pulau Batam, Kepulauan Riau.

Wakil Chairman Eksekutif PaxOcean, Low Soon Teck menyampaikan penyerahan SEP CP-16001 kepada Penta-Ocean, akan meningkatkan kemampuan armada mereka, dan ini menjadi momen yang membanggakan.

Dengan dimensi panjang 119,4 meter, lebar 45 meter, dan kedalaman 10 meter, SEP CP-16001 sekarang menjadi kapal terbesar kedua yang dimiliki oleh Penta-Ocean. Pengoperasiannya diharapkan akan mendorong pengembangan pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai di Jepang.

"SEP CP-16001 dilengkapi dengan teknologi terkini, termasuk derek angkat berat Huisman dengan panjang boom 130 meter, kapasitas angkat 1.600 ton, dan tinggi kait utama 147,3 meter di atas dek," ujarnya.

Kapal ini dirancang untuk beroperasi di perairan dalam hingga kedalaman 50 meter, dengan kemampuan memasang turbin angin berdaya hingga 10MW-12MW, termasuk berbagai jenis pondasi seperti monopiles dan jaket.

Selain itu, SEP CP-16001 juga memiliki ruang dek yang luas dan kapasitas jack-up yang memadai, memungkinkan pengangkutan beberapa turbin angin untuk instalasi yang efisien. Sistem Pemosisian Dinamis (Dynamic Positioning System/DP II) Kongsberg juga dipasang untuk memastikan posisi kapal tetap stabil selama proses pengangkatan.

Kapal CP-16001 akan berperan dalam proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang, mulai November 2023.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk bekerja sama dengan PaxOcean dalam menyelesaikan kapal canggih ini," kata Presiden Penta-Ocean, Shimizu Takuzo, dalam acara penyerahan kapal tersebut.

Kapal CP-16001 adalah kapal kedua yang akan beroperasi untuk Penta-Ocean, dimulai pada bulan November ini di proyek pembangkit listrik tenaga angin di Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang.

SEP CP-16001, yang dibangun dengan mempertimbangkan fitur-fitur terkemuka untuk keselamatan dan keberlanjutan, menjadi bukti komitmen PaxOcean dan Penta-Ocean dalam menghadapi perubahan iklim dan memajukan industri energi terbarukan.

"Kami menyadari perlunya merevolusi pembangkitan energi, baik dari segi teknis maupun ekonomi, sejalan dengan upaya kami untuk memenuhi permintaan energi global yang terus meningkat," ujar Marc Doorduin, Direktur Komersial Fixed Wind GustoMSC dari GustoMSC.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.