Sukses

Membangun Karakter Melalui Sastra dan Puisi di Bumi Perwira

Melalui sastra, akan membentuk manusia yang manusiawi, berperasaan lembur, bijak dan berbudaya

Liputan6.com, Jakarta - Karang Taruna Kabupaten Purbalingga bersama Komunitas Teater Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga kembali menggelar Lomba Baca Puisi Piala Bergilir Bupati Purbalingga tahun 2023, Sabtu-Minggu (23-24/9) di gedung Perpustakaan Umum Daerah Purbalingga.

Ketua Umum Karang Taruna Kabupaten Purbalingga, HR Bambang Irawan mengatakan, kegiatan ini penting karena karang taruna juga harus menjadi bagian dalam membangun karakter generasi muda. Melalui sastra, akan membentuk manusia yang manusiawi, berperasaan lembur, bijak dan berbudaya.

"Saya berharap dengan adanya acara ini bisa membentuk karakter anak untuk lebih baik, berbudi pekerti luhur pastinya," katanya.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga ini menambahkan, pihaknya akan terus mendukung kegiatan tersebut. Ke depan dia minta agar tidak digelar dua tahun sekali, namun setahun sekali. Dengan kategori ditambah dari tingkat SMP, SMA, mahasiswa dan umum.

 

Ketua Panitia, Ryan Rachman mengatakan, tujuan lomba ini untuk memperkenalkan Karang Taruna sejak dini di kalangan generasi muda, upaya pembangunan karakter, memotivasi generasi muda agar berprestasi dan melek literasi dan membangkitkan rasa kesetiakawanan sosial serta menciptakan generasi milenial yang mempunyai budi pekerti yang luhur melalui sastra.

"Awal penyelenggaraan, lomba hanya untuk SMP se-Purbalingga. Meningkat hingga se eks-Keresidenan Banyumas. Seiring berjalannya waktu, banyak masukan dari guru SMA sederajat, maka pada gelaran kali ini kategori peserta tidak hanya untuk SMP saja, namun juga untuk SMA sederajat," kata Ryan.

Lomba yang gratis ini diikuti 163 peserta terdiri atas 91 tingkat SMA dan 72 tingkat SMP dari Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara dan Cilacap.

Adapun juara lomba tingkat SMP/MTs yaitu Juara 1 Lubna At Haya Tanisa (SMP 1 Purbalingga), Juara 2 Fatwa Kinasih (SMP 2 Karangreja), Juara 3 Dimas Dwi Kurniawan (SMP 3 Karangreja) dan tiga harapan bersama Febiyanti (SMP 1 Kalimanah), Aniq Luthfiyatussyarifah (MTs Minhajut Tholabah) dan Khalilah Nur A (SMP 1 Mrebet).

Sedangkan juara lomba tingkat SMA/SMK/MA, Juara 1 Ainaya Rakhmaningtiyas (MA Purbalingga), Juara 2 Elsa Dwi Setiarini (SMA 1 Bukateja), Juara 3 Karenina Jayanti (SMA 1 Bukateja) dan tiga harapan bersama Aghnanuha Nur Fa'izah (SMA 1 Bobotsari), Putri Aulia Zaedatul Karimah (SMA 1 Bobotsari), Deandra Aurora Kanahaya (SMA 1 Kutasari).

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.