Sukses

Dorong UKM Solo Naik Kelas, Bank Swasta Ini Obral Pendampingan

CIMB Niaga mengajak UKM Solo mengikuti Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya. Dengan program tersebut diharapkan para pelaku UKM di kota kelahiran Presiden Jokowi itu bisa naik kelas.

Liputan6.com, Solo - Berbagai cara dilakukan untuk mendukung pengembangan bisnis para pelaku usaha kecil dan menengan (UKM) di Solo agar bisa naik kelas dan tumbuh lebih bagus. Salah Satunya seperti yang dilakukan salah satu bank swasta yang menggandeng UKM untuk mengikuti pelatihan dan pameran dalam Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Solo Paragon Mall, Sabtu – Minggu (23-24/9/2023).

Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik mengatakan Solo merupakan kota kedua yang menjadi tempat penyelenggaraan Kejar Mimpi Lokal Berdaya. Sebelumnya program untuk mendapatkan mentoring bisnis, memperluas jaringan serta pameran produk para pelaku UKM itu dilakukan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kota Solo dipilih karena memiliki potensi pengembangan UKM yang tinggi, sejalan dengan tren pertumbuhan positif jumlah UKM di Solo dalam beberapa tahun terakhir. Dari data Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Solo tercatat pada 2022 terdapat 11.157 UKM atau meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan 2021,” kata dia di Solo, Jumat (22/9/2023).

Menurut dia, sektor UKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional, baik dari sisi kontribusi terhadap produk domestik bruto maupun dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Melalui Program Kejar Mimpi Lokal Berdaya, para pelaku UKM akan mendapatkan pelatihan dari para ahli dan bertemu dengan jaringan pengusaha serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.

“Mengingat peran strategis UKM, pengembangan sektor UKM menjadi salah satu priortitas yang perlu didukung oleh semua pihak, termasuk perbankan,” ujar dia.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerek Perekonomian Lokal

Sementara itu, Head of Marketing, Brand and Customer Experience CIMB Niaga, Toni Darusman mengatakan program tersebut digulirkan sebagai salah satu bentuk dukungan nyata perusahaan perbankan ini terhadap pengembangan para pengusaha UKM yang ada di Solo dan sekitarnya.

Dengan program tersebut CIMB Niaga bernisiatif menyediakan wadah bagi para entrepreneur lokal untuk menambah wawasan, mengasah strategi dan manajemen bisnis.

“Para pelaku UKM akan mengikuti talkshow, workshop dan mentoring bersama para business expert. Diharapkan mereka terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin berdaya Sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat serta berkontribusi terhadapa pertumbuhan perekonomian lokal dan nasional,” harapnya.

Selama dua hari, para pelaku UKM Solo akan mengikuti talkshow, worskhsop, mentoring bisnis dari para pakar, di antaranya Sumartono Hadinoto, Wulan Rudy Prasetyo, Metta Dharmasaputra, Asrtrid Wiyadani, KGPAA Mangkunegara X, Sekar Tandjung, Gary Evano dan praktisi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.