Sukses

Kukarland Festival 2023 Mulai Digelar, Rendi Solihin Sulap Pendopo Jadi Penginapan

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Kota Tenggarong, event besar Kukarland Festival 2023 mulai digelar Jumat (22/9/2023) hingga Sabtu (23/9/2023) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Untuk memfasilitasi masyarakat yang tinggal di luar wilayah Tenggarong, Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin meubah aula pendopo di rumah jabatannya sebagai tempat penginapan.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Kukarland Festival 2023 mulai di gelar Jumat (22/9/2023) hingga Sabtu (23/9/2023) di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Ya, Kukarland Festival 2023 digelar untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-241 Kota Tenggarong. Sederet artis Ibu Kota menjadi pengisi acara, di antaranya Rhoma Irama dan Soneta, Club Dangdut Racun, Soegi Bornean, Tipe-X, Potret, Setia Band, Guyon Waton dan Maliq & D’Essentials. Masyarakat Kukar dan sekitarnya dapat menikmati konser musik tanpa dipungut biaya alias gratis.

Antusias masyarakat untuk menyaksikan Kukarland Festival 2023, membuat Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin berinisiatif menjadikan aula pendopo rumah jabatan dinas sebagai penginapan.

Hal ini dilakukan Rendi Solihin untuk memastikan seluruh masyarakat yang menghadiri Kukarland Festival 2023 dapat kembali ke rumahnya masing-masing dengan selamat.

Selain itu, tingginya antusias masyarakat terhadap event tersebut, membuat penginapan di sekitar Kecamatan Tenggarong penuh.

Menjadikan banyak masyarakat tak kebagian tempat untuk menginap setelah menonton konser di Kukarland Festival 2023.

"Kita ingin semua yang datang ke Kukarland Festival dapat kembali pulang dengan selamat, mengingat acara ini berlangsung hingga larut malam," ungkap Rendi Solihin, Jumat (22/9/2023).

Tidak hanya menyediakan tempat menginap, Rendi Solihin juga menyediakan makanan dan minuman bagi masyarakat yang menginap di aula pendopo Wakil Bupati Kukar.

Tempat menginap itu disediakan kepada pengunjung Kukarland Festival, terutama untuk masyarakat yang berasal dari luar Kecamatan Tenggarong.

"Tingginya antusias masyarakat, penginapan-penginapan di Tenggarong penuh. Kasihan jika mereka harus pulang larut malam, apalagi berkendara di kondisi capek, tentu akan sangat membahayakan," tutur Rendi.

"Jadi saya minta teman-teman untuk siapkan fasilitas aula untuk disulap menjadi tempat istirahat dan kita siapkan makanan juga," sambungnya.

Rendi berharap Kukarland Festival 2023 dapat memberikan kesan positif bagi masyarakat luas, karena dipastikan acara ini dihadiri pengunjung dari berbagai daerah.

"Artinya, kita ingin mereka datang dengan gembira dan semangat untuk saksikan Kukarland, pulangnya juga bahagia, tidak terjadi apa-apa saat perjalanan pulang," jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin menginap di aula pendopa Wakil Bupati Kukar, dapat menghubungi nomor telpon, Fany 081214424444 dan Wiwik 081250364879.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Fasilitas Khusus Difabel

Ketika membahas program Kukar Kaya Festival (K3F) dari masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Rendi Solihin.

Program ini selalu identik dengan hiburan rakyat. Melekatnya K3F di kehidupan masyarakat Kukar sudah tidak dapat diragukan.

Terkhususnya pada event akbar Kukarland Festival 2023 yang menjadi puncak daripada K3F.

Di Kukarland Festival ini juga menjadi langkah awal Pemkab Kukar mewujudkan inklusif bagi teman-teman difabel.

Di mana, untuk pertama kalinya di Kukarland Festival ini menyediakan area khusus disabilitas. Yang nantinya berfungsi untuk menyediakan tempat menonton khusus kaum difabel.

"Kita menghargai para pengunjung disabilitas. Mereka perlu dirangkul dan perhatikan," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo.

Di area difabel ini, Pemkab Kukar menyediakan tempat khusus bagi penyandang disabilitas, orang tua, ibu hamil hingga orang cedera.

Seperti penyandang tunarungu sendiri, terdapat pendampingnya yang akan menjadi Juru Bahasa Isyarat (JBI). Langkah awal ini akan menjadi tumpuan Dispar Kukar ke depan dalam melaksanakan event.

"Event selanjutnya akan disediakan lagi bagi teman disabilitas. Namun kita juga melihat apakah venuenya memungkinkan," tegas Slamet.

Rendi Solihin menambahkan, seluruh event di Kukar diperuntukkan bagi semua kalangan, salah satunya kepada masyarakat difabel.

Khusus event kali ini, pihaknya memberikan fasilitas khusus bagi masyarakat difabel untuk turut serta dalam kemeriahan Kukarland Festival 2023.

"Kami ingin memastikan seluruh kalangan, terutama masyarakat difabel juga dapat menikmati berbagai event hiburan di Kukar," jelasnya.

Fasilitas khusus bagi difabel menjadi terobosan yang dilakukan Pemkab Kukar, bahkan digadang-gadang menjadi pelopor di sekitar wilayah Kalimantan Timur (Kaltim).

"Ya, artinya semua event di Kukar juga ramah terhadap difabel," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.