Sukses

Harga Beras Melambung, Perusahaan Tambang di Konawe Utara Bagi Sembako ke Ratusan Warga

Antisipasi harga beras melambung tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara, perusahaan tambang PT SBP bagi ratusan paket sembako.

Liputan6.com, Kendari - Salah satu perusahaan tambang di wilayah Konawe Utara, membagi-bagikan sembako kepada ratusan warga di wilayah Desa Puusuli, Kecamatan Andowia Konawe Utara. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi menurunnya daya beli warga akibat harga beras melambung tinggi saat musim kemarau.

Diketahui sebelumnya, harga beras di wilayah Sulawesi Tenggara mengalami peningkatan signifikan seperti daerah lainnya di Indonesia. Hal ini, berdampak pada sejumlah warga tak mampu membeli dalam jumlah banyak.

Harga beras ukuran 5 kilogram saat ini dijual Rp50 ribu untuk jenis medium. Saat ini, naik menjadi Rp75 ribu. Sedangkan jenis premium, dari Rp75 ribu meningkat menjadi Rp95 ribu.

Melihat hal ini, PT Sumber Bumi Putra (SBP) langsung turun membagikan ratusan paket sembako berupa beras dan kebutuhan pokok kepada warga lingkar tambang. Ratusan paket sembako dibagikan kepada warga kurang mampu dan membutuhkan.

Camat Andowia Herman mengapresiasi bantuan perusahaan. Dia berharap, masyarakat bisa ikut merasakan manfaat.

Kepala Desa Puusuli Konawe Utara Sudin, ikut mengapresiasi bantuan perusahaan. Pihaknya berharap, perusahaan terus berbuat yang terbaik untuk pembangunan desa dan sumber daya manusia.

"Ini sudah kesekian kali, termasuk infrastruktur berupa jembatan, kami berharap terus berkelanjutan," kata Sudin.

Korwil APNI Sulawesi Tenggara Muhammad Fajar Hasan mengatakan, saat ini perusahaan mestinya bisa cepat tanggap melihat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Aksi bagi sembako, diharapkan bisa menekan inflasi sehingga kondisi pasar bisa tetap terjaga.

"Perusahaan tambang yang baik, mestinya bisa merespon keluhan publik di sekitarnya, sehingga sinergi dengan masyarakat sekitar bisa terbangun cepat," ujar Fajar Hasan.  

Sebelumnya, perusahaan ini juga aktif menyalurkan anggaran Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan dana Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Penyaluran ini dalam bentuk pembangunan infrastruktur pada sejumlah desa.

Selain mempekerjakan warga dalam lokasi tambang, PT SBP Konawe Utara juga turut memfasilitasi pelatihan kerja terhadap masyarakat lingkar tambang di BPVP Kendari. Sejumlah mahasiswa berprestasi di lingkar tambang sudah memanfaatkan beasiswa pendidikan dan latihan kerja.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.