Sukses

5 Pernyataan Sikap Kelompok Mahasiswa dan Pemuda Sumut Terkait Peristiwa di Pulau Rempang

Berbagai pihak menyoroti bentrokan yang terjadi antara aparat kepolisian dan warga di Pulau Rempang, Batam, pada 7 September 2023, termasuk kelompok mahasiswa dan pemuda Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Medan Berbagai pihak menyoroti bentrokan yang terjadi antara aparat kepolisian dan warga di Pulau Rempang, Batam, pada 7 September 2023, termasuk kelompok mahasiswa dan pemuda Sumatera Utara (Sumut).

Kelompok yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Sumatera Utara Peduli Tanah Rempang dan Galang ini mengeluarkan 5 pernyataan sikap soal bentrokan tersebut.

Pernyataan sikap dibacakan secara serentak oleh masing-masing perwakilan kelompok mahasiswa dan pemuda Sumut dalam kegiatan bertema "Malam Solidaritas Untuk Pulau Rempang" di Roman Kopi, Jalan Bunga Tanjung, Kota Medan, Kamis (14/9/2023).

Penggagas kegiatan, yang juga Akademisi FISIP USU, Faisal Andri Mahrawa mengatakan, mereka sangat menyesalkan terjadinya bentrokan antara masyarakat dan aparat keamanan di Pulau Rempang dan Galang.

"Bentrokan itu mencederai nilai-nilai kemanusiaan," sebutnya.

Berikut 5 poin pernyataan sikap kelompok mahasiswa dan pemuda Sumut terkait peristiwa di Pulau Rempang:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Pernyataan Sikap

  1. Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Sumatera Utara sangat menyesalkan terjadinya bentrokan antara aparat keamanan dengan kelompok masyarakat Melayu di Pulau Rempang dan pulau Galang yang mencederai nilai-nilai kemanusiaan.
  2. Meminta dan mendesak pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mengedepankan cara-cara damai dengan tidak menggunakan cara-cara represif dan intimidatif kepada masyarakat yang mempertahankan haknya.
  3. Meminta kepada pihak-pihak yang terlibat untuk menahan diri, untuk selanjutnya mengedepankan asas musyawarah dan mufakat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat.
  4. Meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk segera mengambil langkah dalam hikmah kebijaksanaan dan berkeadilan serta melindungi hak-hak masyarakat Melayu Pulau Rempang dan Pulau Galang.
  5. Solidaritas mahasiswa dan Pemuda Sumatera Utara sangat mendukung investasi dan pembangunan di segala bidang di seluruh wilayah Indonesia demi kemajuan bersama untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Sumut Peduli Rempang

  1. DPD KNPI Sumatera Utara
  2. Sekolah Kebangsaan Pemuda Indonesia (SKPI)
  3. DPW Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Sumut
  4. Komunitas Peduli Pelayanan Publik (KP3)
  5. Komunitas Musik The Bamboes
  6. Aliansi Masyarakat Sumut Bersih (Amsub)
  7. Forum Warga Peduli Petisah
  8. Aliansi Mahasiswa Peduli Hukum (AMPUH)
  9. Persaudaraan Pemuda Islam Sumatera Utara
  10. Asistensi Pemuda Peduli Bencana (APEPEBE), Sumatera Utara
  11. Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII) Kota Medan
  12. Negarawan Institute
  13. DPC GMNI Medan
  14. Sentra Advokasi Rakyat Untuk Hak dan Pendidikan (SahDar)
  15. Serikat Pekerja Rumah Tangga (SPRT) Sumatera Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini