Sukses

Banjarmasin Wakili Pulau Kalimantan Gelar Bank Jateng Friendship Run

Kota Banjarmasin menjadi kota kedelapan dalam gelaran Bank Jateng Friendship Run yang juga dimeriahkan dengan kostum yang unik.

Liputan6.com, Banjarmasin Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi kota kedelapan yang disambangi rangkaian Bank Jawa Tengah (Jateng) Friendship Run. Taman siring 0 Kilometer sebagai titik start dan finish, Bank Jateng Friendship Run Banjarmasin yang digelar pada Minggu (3/9/2023) ini diikuti sekitar 1.000 pelari serta melibatkan komunitas lari di Kalsel.

Kegiatan ini menjadi ajang pemanasan dari Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng yang akan digelar pada 19 November 2023 mendatang. Tujuannya, untuk menularkan semangat ke-10 kota besar di Tanah Air.

“Mewakili manajemen dan karyawan Bank Jateng, kami bangga sekali ada di Banjarmasin ini kota pertama kali di Kalimantan dan pertama kali untuk mengadakan Friendship dan 5 kilo menuju Borobudur Marathon November mendatang,” ujar Direktur IT Jaringan, dan Konsumer Bank Jateng, Dodit W Probojakti.

Kegiatan ini juga digelar atas kerjasama dengan seluruh elemen termasuk Pemprov Kalsel dan Kota Banjarmasin. Sekitar 1.000 warga Kalsel turut berpartisipasi pada event estafet yang dilaksanakan di pulau Kalimantan ini yang selanjutnya ke Sumatera, Kota Medan dan Palembang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kostum Terbaik

Bank Jateng Friendship Run Banjarmasin ini dimeriahkan dengan kehadiran peserta yang gemar olahraga lari kemudian menggunakan kostum unik. Penampilan kreativitas pelari ini akan diapresiasi sebagai Best Costume.

23 peserta mengikuti Best Costume ini, sebagian besar mengenakan kostum budaya lokal seperti pakaian khas adat Dayak dan Banjar. Selebihnya memilih kostum Arabian, beberapa profesi, hingga kostum seragam sekolah menengah atas (SMA).

Keluar sebagai pemenang favorit seorang perempuan dengan kostum baju adat khas Banjar, harapan 2 kostum sederhana dari karakter Batman menggunakan plastik sampah sebagai kostum utamanya, kemudian harapan 1 hingga juara 1 merupakan kostum pakaian adat Dayak.

“Saya senang pastinya mendapatkan apresiasi sebagai kostum terbaik pertama, ini juga sesuai misi saya untuk memperkenalkan budaya Dayak sampai nasional sehingga lebih terkenal lagi,” kata Nyoman Oka Dewantara, seorang pegawai swasta dari Kalimantan Tengah (Kalteng).

Oka menyebutkan acara ini sangat seru sehingga begitu antusias diikuti. Menurutnya merupakan road to maraton di Magelang nanti, juga satu-satunya di Kalimantan dan dipastikan semua peserta sangat antusias dengan acara yang sangat rapi ini.

 

3 dari 3 halaman

Menuju Puncak Bank Jateng Friendship Run

Acara dibuka dengan tarian lokal Tari Kuda Gepeng yang dipadukan dengan Tari Jathilan. Pada area Race Village, peserta bisa mencoba pengalaman dalam instalasi interaktif oleh Utami, dengan menempelkan stiker pada papan sesuai nomor yang sudah tertera.

Setelah semua stiker ditempel, sebuah gambar akan terbentuk. Instalasi interaktif ini diadakan di setiap kota dengan gambar yang berbeda. Nantinya, saat race day akan digabungkan dan menjadi satu kesatuan gambar dari 10 kota.

Kegiatan The Tour sekaligus mengajak komunitas lari untuk mempersiapkan diri dalam menyambut Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng. Pada hari yang sama, juga dilakukan Race Pack Collection, di mana peserta mendapatkan collectible jersey yang dibuat berkolaborasi dengan seniman lokal.

Tahun ini, “Voice of Unity” digaungkan sebagai tema umum untuk menyuarakan semangat persatuan, suara positif untuk saling menginspirasi dan membangun persatuan melalui kegiatan lari dengan juga mendukung aktivitas ekonomi para pelaku UMKM dan menyapa keunikan budaya masyarakat setempat.

Tak berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, rangkaian Bank Jateng Friendship Run Banjarmasin juga menampilkan budaya dan kuliner lokal guna memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dalam olahraga lari. Hal ini sejalan dengan semangat Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng yang turut mendongkrak kegiatan bisnis para pelaku UMKM.

Sejak awal, acara ini dirancang untuk membangkitkan semangat wisata olahraga atau sport tourism. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat peluncuran Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng di kawasan Candi Borobudur Magelang, Sabtu (18/3/2023) silam.

“Sekarang, saatnya kita bersatu untuk juga mengulurkan tangan ke kanan-kiri, bersama-sama saling berlari dan terus menginspirasi untuk menang. Oleh karena itu, ‘Voice of Unity’ menggambarkan bagaimana pelari, stakeholder, dan masyarakat bersatu untuk menyuarakan semangat kemenangan, dan saling menginspirasi dengan suara-suara positif dalam satu kesatuan di Borobudur Marathon,” ujar Ganjar.

Dalam rangkaian pre-event ini, Borobudur Marathon membawa Bank Jateng Pawone ke 10 kota melalui Bank Jateng Friendship Run dengan tujuan untuk menginspirasikan dan mempromosikan Magelang.

“Bank Jateng dengan 10 ribu pelari membawa dampak perekonomian lebih besar pasca pandemi, program Bank Jateng Pawone akan mengajak pelaku UMKM untuk mengoptimalisasikan produk serta mengedukasi pelaku UMKM untuk melakukan literasi keuangan sehingga pengembangan potensi ekonomi dapat terjadi dan berjalan secara optimal,” kata Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno.

Selain Banjarmasin, Bank Jateng Friendship Run telah hadir di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. Setelah Banjarmasin, kegiatan juga akan diadakan di Medan, dan Palembang. Di samping itu, The Tour juga kembali hadir bersama sejumlah komunitas di 10 kota bersamaan dengan dilaksanakannya Bank Jateng Friendship Run.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini