Sukses

Bantu Pasokan Pangan IKN, Pemkab Paser Siapkan 13 Ribu Hektare Sawah

Sebagai salah satu penyanggah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten berkomitmen untuk membantu pasokan pangan dengan menyiapkan 13 ribu hektar sawah.

Liputan6.com, Paser - Kabupaten Paser sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, serta mitra strategis yang turut berpengaruh terhadap perkembangan IKN pada tahap pembangunan saat ini. Salah satunya Paser berperan sebagai penyuplai ketersediaan pasokan pangan.

Bupati Paser Fahmi Fadli mengungkapkan bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser pada tahun depan menargetkan untuk mencetak lahan sawah seluas 9 ribu hingga 13 ribu hektare guna menjawab bagaimana Kabupaten Paser mampu berperan sebagai daerah mitra strategis IKN Nusantara.

Dari luasan tersebut, tak menutup kemungkinan bakal terus bertambah jika Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menerima usulan pelepasan kawasan Cagar Alam (CA).

"Tidak menutup kemungkinan usulan enklave dari BKSDA ke kementerian LHK pelepasan kawasan CA bisa berhasil, maka luasan sawah bisa bertambah," terang Fahmi.

Mengenai lokasi lahan sawah nantinya, ia katakan akan ditindaklanjuti oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura (DKPH) untuk memetakan lahan pertanian yang ada.

"Saya sudah perintahkan DKPH agar memetakan lahan-lahan yang ada untuk mencetak lahan sawah," sebutnya.

Fahmi juga menjelaskan, mengenai indikator lain sebagai penunjang aktivitas penyiapan pasokan pangan, mencakup infrastruktur jalan, kesiapan lahan hingga sumber daya manusia (SDM).

"Pelan-pelan akan disiapkan satu persatu, yang lebih penting masalah status lahannya, juga harus bebas dari kawasan hutan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.