Sukses

Aplikasi Patroli UMKM Super Apps Polri Bikin Pelaku Usaha Tenang Ekonomi Lancar

Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menciptakan aplikasi patroli untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Liputan6.com, Medan Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) menggandeng Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menciptakan aplikasi patroli untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Di bawah kepimpinan Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi, Polda Sumut dan HIPMI Sumut yang diketuai Ade Jona Prasetyo, mendorong peningkatan pendapatan pelaku usaha melalui Aplikasi Patroli UMKM Super Apps Polri.

Ketua HIPMI Sumut, Ade Jona Prasetyo, mengaku aplikasi ini akan sangat berguna demi kenyamanan para pelaku UMKM di seluruh Sumut, khususnya di Kota Medan dan sekitarnya.

"Kalau UMKM beroperasi dengan tenang, maka perputaran ekonomi lancar. Masyarakat juga tenang dalam melaksanakan kegiatan perekonomian. Masyarakat dan pelaku UMKM bisa akses aplikasi ini gratis jika menemukan tindakan kriminal di sekitarnya," kata Ade Jona Prasetyo, Minggu, 14 Agustus 2023.

Kapolda Sumut, Agung Setia, saat peluncuran aplikasi beberapa waktu lalu, menyebut, Aplikasi Patroli UMKM Super Apps Polri untuk memberikan rasa aman kepada para pelaku UMKM saat menjalankan usahanya.

"Aplikasi yang diluncurkan ini bekerja sama HIPMI Sumut," kata Kapolda saat peluncuran aplikasi patroli UMKM Apps Polri di Regale Convention Hall, Kota Medan, beberapa waktu lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Jawaban

Irjen Agung Setia mengungkapkan, peluncuran Aplikasi Patroli UMKM Super Apps Polri ini sebagai jawaban agar para pelaku usaha dan masyarakat tidak merasa khawatir terhadap segala bentuk tindak kejahatan.

"Polda Sumut ingin menyakinkan masyarakat tetap merasa aman dan nyaman selama menjalankan usahanya, sehingga perputaran roda ekonomi terus meningkat," ucapnya.

Mantan Kapolda Riau ini meminta setelah aplikasi ini diluncurkan, para pelaku usaha dan masyarakat dapat mengunduh atau mendownload melalui handphone berbasis Android.

"Aplikasi ini memiliki fitur panic bottom. Apabila rekan-rekan pengusaha warkop yang sampai malam buka tiba-tiba ada pelanggan yang mabuk dan tidak mau bayar bisa menggunakan fitur tersebut,” sebutnya.

3 dari 3 halaman

Petugas Segera Tiba di Lokasi

Diungkapkan Kapolda, nantinya lebih kurang 11 menit personel sudah berada di lokasi kejadian. Petugas juga akan hadir dengan 24 mobil patroli yang sudah disiapkan di Medan.

"Semoga melalui patroli UMKM dengan menggunakan Aplikasi Patroli UMKM Super Apps Polri bisa menjadi jawaban atas berbgai macam keresahan kita," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini