Sukses

Fakta Unik Sukabumi, Kota Terkecil di Indonesia Memiliki Ragam Potensi Lokal

Dalam dokumen Arsip Hindia Belanda, nama Sukabumi atau Soekaboemi pertama kali digunakan oleh ahli bedah sekaligus pengelola perkebunan kopi dan teh Belanda

Liputan6.com, Jakarta - Terletak di pesisir selatan Pulau Jawa, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menjadi salah satu daerah yang banyak didatangi wisatawan yang berlibur.

Luas wilayah mencapai 4.161,00 kilometer persegi dan berpenduduk 2,434 juta jiwa (data tahun 2015). Kota Sukabumi sebenarnya adalah kota terkecil ke-15 di Indonesia dan terbesar ke-2 di Jawa Barat dengan luas 48,42 kilometer persegi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kota Sukabumi merupakan daerah di Jawa Barat yang berkembang pesat dibandingkan dengan daerah lain. Dalam dokumen Arsip Hindia Belanda, nama Sukabumi atau Soekaboemi pertama kali digunakan oleh ahli bedah sekaligus pengelola perkebunan kopi dan teh Belanda, Andries de Wilde.

Andries de Wilde pertama kali menggunakan nama Soekaboemi pada 13 Januari 1815 di arsip Hindia Belanda. Ada dua pendapat mengenai asal usul nama Sukabumi yang digunakan oleh De Wilde.

Pendapat pertama, nama Sukabumi berasal dari kata bahasa Sunda suka dan bumen (pemukiman), artinya daerah yang kehidupannya lebih baik karena iklim Sukabumi yang sejuk.

Pendapat lain mengatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata Sansekerta suka (kegembiraan, kebahagiaan, kegembiraan) dan bhumi (tanah, bumi). Berikut fakta-fakta unik mengenai Kota Sukabumi:

Oleh-oleh Unik

Kota sukabumi juga merupakan kota yang memiliki banyak oleh oleh dan makanan yang unik. Salah satunya adalah mochi yang memiliki tekstur lembut dan kenyal.

Selain mochi, Anda juga bisa membawa pulang roti priangan, sagin bakar, dan biskuit jahe yang khas dan lezat.

Angkot Warna Warni

Di Kota Sukabumi, Anda bisa menemukan kendaraan angkot dengan warna berbeda. Dari merah, kuning, hijau, biru hingga hijau untuk transportasi akan ditemukan disana. Setiap angkutan yang ada memiliki rute atau tujuan yang berbeda.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Sukabumi

Destinasi Wisata

Mungkin Anda bisa menjadikan Sukabumi sebagai tujuan wisata selanjutnya. Di kota ini Anda bisa mendaki gunung, arung jeram, wisata laut, dan jalan-jalan bersama teman dan keluarga.

Salah satu wisata menarik yang wajib Anda kunjungi di Sukabumi adalah Situ Gunung. Ada banyak pohon tinggi, pemandangan hijau, danau dan yang paling populer adalah jembatan gantung. 

Kebun Teh

Pada zaman dulu, wilayah Sukabumi masyhur sebagai penghasil produk perkebunan, seperti teh dan kopi. Karena itu Sukabumi banyak didatangi orang Eropa

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.