Sukses

Persebaya Didenda PSSI, Bonek Galang Dana hingga Dapat Puluhan Juta

PSSI menjatuhkan sanksi kepada Persebaya Surabaya karena kedatangan keluarga salah satu pemain dan suporternya.

Liputan6.com, Solo - Persebaya Surabaya usai menjalani laga tandangnya melawan PSIS Semarang selain harus mengalami kekalahan mereka juga harus menerima denda dari PSSI terkait kedatangan suporter mereka Bonek yang hadir di Stadion Jatidiri Semarang.

Untuk diketahui, kompetisi liga 1 2023/2024 membuat regulasi terkait larangan suporter tamu hadir di stadion, sehingga mereka dianggap melanggar aturan tersebut.

Namun, lagi-lagi bukan Bonek jika tidak melakukan kritik pedas terkait kebijakan yang adiambil federasi tertinggi sepak bola Indonesia itu. Ya, semua elemen suporter Bonek dari semua tribun dan komunitas menggalang dana untuk PSSI.

Hal itu mereka sampaikan dalam postingan di akun twitter @Green_Nords27 yang tertulis 'Donasi untuk PSSI. Pada hakikatnyasepak bola adalah hiburan rakyat yang sudah menjadi identitas kultural. Namun, secara perlahan semua itu mulai dikikis oleh federasi. Sepak bola dijadikan lebihekskludif dan tertutup," tulis akun dengan jumlah followers 211.350 itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkumpul dalam Waktu 19 Jam

Dalam lanjutan utas postingan tersebut mereka kembali juga mengkritisi kepemimpinan Erick Thohir terkait kebijakan yang diambil oleh PSSI dengan menulis 'Kebijakan larangan suporter away adalah salah satu bentuk nyata kebijakan tidak populis diambil oleh organisasii pimpinan Erick Thohir ini. Kebijakan yang tidak ada rujukan hukum di atasnya. Kosong dan terkesan dipaksakan, entah untuk kepentingan siapa?," ucap akun itu.

Menariknya, mereka menggalang dana dnegan durasi waktu sesuai dengan tahun kelahiran tim kebanggaan mereka Persebaya Surabaya yakni 1927.

""Donasi untuk PSSI" Ini adalah gerakan moral yang sengaja kami galakan selama 19 jam 27 menit ini semoga bisa membeli "segelas air" untuk membasahi tenggorokan integritas federasi yang lagi kering," seperti ditulis akun tersebut dalam utas lanjutan postingan donasi untuk PSSI.

Sementara itu, donasi tersebut sudah ditutup dan mereka berhasil mengumpulkan uang kolektif sesama suporter dari Klub Bajul Ijo sebesar Rp25.192.700 ribu. Postingan tentang penutupan donasi itu sudah dibagikan oleh 336 akun twitter, dikomentari ratusan komentar, disukai 880 suka, dan mendapatkan respon dari 81 ribu akun twitter.

"Donasi untuk PSSI ditutup. Dengan total Rp25.192.700, maturnuwun dulur-dulur Bonek, sudah berpartisipasi untuk mencerdaskan PSSI biar tidak asal jeplak dan bikin regulasi yang asal #donasiuntukpssi," tulis akun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini