Sukses

Kontes Ternak dan Ekspo Pangan Murah di Jatinangor, Ayam Sentul hingga Sapi Jumbo

Salah satu perhelatan unjuk ternak peliharaan mulai dari ayam hias, ayam sentul, domba, sapi perah hingga sapi potong

Liputan6.com, Bandung - Kontes ternak dan ekspo pangan murah di Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, digelar akhir pekan ini, Sabtu, 22 Juli 2023.

Acara ini merupakan salah satu perhelatan unjuk ternak peliharaan mulai dari ayam hias, ayam sentul, domba, sapi perah hingga sapi potong.

Selain itu, akan ada pameran peternakan, juga sosialisasi dan edukasi mengenai protein hewani kepada masyarakat.

"Even ini diharapkan dapat memberi ruang kepada mereka, untuk berekspresi melalui kontes hewan ternak," ujar Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat, Indriantari, dalam siaran persnya, Bandung, Jumat, 21 Juli 2023.

Kontes ternak dan ekspo pangan murah digelar sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian terhadap para peternak di Jawa Barat.

Indriantari mengatakan kerja keras para peternak dalam menghasilkan hewan ternak yang berkualitas sejatinya harus diapresiasi.

Indriantari menerangkan selama acara tersebut juga bakal dilakukan pasar murah yang menawarkan 11 komoditas pokok bagi masyarakat dengan harga di bawah pasar.

"Jadi silakan warga Jabar bisa berbelanja 11 pangan pokok yang akan kita gelar di sana. Pastinya harganya lebih murah dari harga pasar," terang Indriantari.

Indriantari menambahkan sebanyak 1.500 peternak dari 27 kota dan kabupaten akan hadir, menyemarakkan acara. Para peserta kontes ini, hasil dari seleksi yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, kontes ini juga menjadi media untuk menginformasikan kepada masyarakat, bahwa Jawa Barat memiliki genetik hewan ternak yang unggul, sehingga perlu didukung dan diapresiasi.

"Kita ingin menyampaikan bahwa ada sumber daya genetik lokal Jawa Barat yang bisa kita kembangkan, seperti domba garut, ayam sentul dan sapi pasundan. Pemerintah juga ingin menyampaikan ke masyarakat bahwa ekonomi kita sudah pulih pasca- COVID-19 dan PMK di Jawa Barat. Para pelaku usaha kita hadirkan disana. Ada kolaborasi dari hulu hingga hilir," ucap Indriantari.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi Peternak

Indriantari mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir tertular penyakit dari hewan. Sebab telah dipastikan seluruh hewan yang didatangkan sudah divaksin.

Tak hanya itu, Indriantari menegaskan otoritasnya telah menjalankan bio security untuk masuk ke area perhelatan. Itu akan menjamin keamanan pengunjung saat pulang.

Syaratnya, seluruh ternak yang hendak mengikuti kontes dan ekspo harus langsung dikirim ke lokasi perhelatan di Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

"Kita sampaikan ke pengirim ternak, jangan mampir ke mana-mana. Jadi dari daerah asal langsung ke tempat tujuan untuk menghindari penularan dari lingkungan. Termasuk mitigasi antraks. Kita yakinkan peserta itu sudah divaksin," jelas Indriantari.

Indriantari berharap, acara tersebut dapat memotivasi para peternak agar semakin berkembang dan semangat dalam menghasilkan bibit berkualitas.

Muaranya pada pemenuhan kebutuhan hewani bagi masyarakat Jawa Barat.

"Targetnya peternak kita makin berkembang, menghasilkan bibit berkualitas, kemudian akhirnya pemenuhan kebutuhan pangan di Jawa Barat itu bisa dipenuhi dari Jawa Barat," tukas Indriantari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.