Sukses

Ada di Bali, Ini Fakta Unik Tentang Penglipuran, Desa Terbersih Dunia

Desa Penglipuran pernah dinobatkan menjadi desa terbersih di dunia, desa tersebut dikenal sebagai tujuan wisatwan lantaran kawasannya yang rapi tertata.

Liputan6.com, Bangli - Desa Pengliputan terletak di Kabupaten Bangli, kawasan pegunungan dikenal sebagai desa yang mmeiliki tatanan bagus dan bersih, bahkan Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih dunia. Desa Penglipuran bisa ditempuh 2 jam perjalanan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Desa Penglipuran juga memiliki lokasi wisata unik yang jarang diketaui oleh wisatawan salah satunya adalah perkebunan bambu yang memiliki filosofi tinggi.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 25 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak, Anda sudah bisa menikmati pemandangan unik desa yang tertata rapi tanpa ada satupun sampah terlihat di perkampungan itu. Ada beberapa fakta menarik tentang Desa Penglipuran yang jarang diketahui, berikut ulasannya:

1. Tri Hita Karana

Tri Hita Karana yang memiliki arti penting untuk masyarakat Hindu Bali yang selalu mengarahkan manusia untuk selalu melalukan harmonisasi hubungan manusia dengan sang pencipta, manusia dengan alam semesta, serta manusia dengan lingkungannya. Hal tersebut membuat Desa Penglipuran dibangun dengan konsep Tri Mandala di mana tata ruang desa dibagi menjadi tiga wilayah yaitu, utama mandala, madya mandala, dan nista mandala. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Bambu

2. Satu-satunya di Indonesia

Konsep desa seperti Desa Penglipuran tidak ditemukan di wilayah lain di Indonesia, satu-satunya desa dengan konsep unik tertat dan bersih ini cuma ada di Pulau Bali yakni Desa Penglipuran.

3. Rumah Bambu

Meski sudah berada di dunia modern, tapi di Desa Penglipuran terdapat rumah adat yang terbuat dari bambu yang diperkirakan umurnya sudah mencapai 100 tahun. Meski saat ini sudah banyak rumah-rumah di desa itu dibangun menggunakan bahan modern, tapi masih ada beberapa yang mempertahankan keaslian rumah dari bambu. 

4. Desa Bambu

Desa Penglipuran adalah desa bambu sepertiga dari luas kawasan 112 hektar luas desa itu adalah kawasan bambu, tak heran tepat di belakang desa tersebut masih terdapat hutan bambu yang terjaga dengan baik. 

5. Desa Terbersih Dunia

Desa Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia, bersama dengan dua desa lainnya yakni Desa Mawlynnong di India dan Giethoorn di Belanda, ketiga desa itu dinobatkan sebagai desa terbersih oleh Green Destinastions Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.