Sukses

Donor Darah, Celebrating Life by Saving Lives

Selain memberikan manfaat bagi yang membutuhkan, kegiatan donor darah dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh pendonor.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut hari donor darah sedunia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menggelar donor darah selama 4 hari mulai 30-31 Mei dan 12-13 Juni 2023. Aksi donor darah itu melibatkan karyawan, tenaga pemasar, dan nasabah.

Aksi bertema 'Celebrating Life by Saving Lives' ini bekerja sama dengan Eka Hospital dan telah berhasil mengumpulkan 231 kantong darah.

Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia dr Dian Budiani mengatakan sepanjang 175 tahun perjalanan Prudential di dunia dan lebih dari 27 tahun di Indonesia, pihaknya senantiasa berkomitmen untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat.

"Kami mengajak semua pihak turut berperan aktif mendukung upaya pemerintah meningkatkan persediaan kantong darah nasional untuk membantu menyelamatkan nyawa yang membutuhkan," katanya Rabu (14/6/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Prudential Indonesia dalam rangka perayaan 175 tahun perjalanan Prudential sekaligus untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia pada 14 Juni 2023.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Donor Darah

Selain memberikan manfaat bagi yang membutuhkan, kegiatan donor darah dapat memberikan banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh pendonor, antara lain meningkatkan produksi sel darah baru, menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan risiko penyakit serius.

Sales Director Eka Hospital Group R. Octdy Hendrawan Wulantara menyampaikan perlu mendorong kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya kegiatan donor darah, terutama agar fasilitas layanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskemas, siap untuk menolong masyarakat yang membutuhkan kantong darah kapan saja.

"Kami menyambut baik kerja sama dengan Prudential Indonesia sebagai bagian dari langkah penting dalam memenuhi kebutuhan pasokan darah demi mewujudkan Indonesia yang sehat dan kuat," ujarnya.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat stok darah di Indonesia mencapai 3,14 juta kantong darah per Juni 2021.

Jumlah ini meningkat dalam sepuluh tahun terakhir dan penyumbangan donor darah mayoritas dilakukan secara sukarela. Namun, jumlah ini masih kurang dari jumlah minimal kebutuhan darah nasional.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), standar pemenuhan kebutuhan darah yaitu 2% dari jumlah penduduk suatu negara, atau secara nasional 5,5 juta kantong darah dibutuhkan Indonesia setiap tahunnya . Data ini menunjukan masih tingginya angka kebutuhan pemenuhan kebutuhan stok darah di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.