Sukses

Membuat Pangsit Aci di Rumah, Mudah dan Murah Anti-Ribet

Adonan pangsit aci dibuat dengan mencampurkan tepung tapioka, tepung terigu, air, dan beberapa bumbu seperti garam dan merica.

Liputan6.com, Jakarta - Pangsit merupakan salah satu makanan ringan yang populer di Indonesia. Terbuat dari adonan tepung tapioka yang digoreng, pangsit aci biasanya diisi dengan daging cincang, sayuran, atau campuran bahan lainnya.

Pangsit aci biasanya memiliki bentuk bulat atau segitiga kecil dan memiliki tekstur yang kenyal atau chewy. Adonan pangsit aci dibuat dengan mencampurkan tepung tapioka, tepung terigu, air, dan beberapa bumbu seperti garam dan merica.

Adonan kemudian digiling tipis, diisi dengan bahan isian seperti daging cincang, sayuran, atau campuran lainnya, dan akhirnya digoreng hingga matang.

Pangsit aci sering disajikan sebagai makanan ringan atau pelengkap dalam hidangan seperti bakso, mie ayam, atau hidangan pangsit lainnya.

Biasanya disajikan dengan saus cabai atau saus tomat sebagai pelengkap. Rasanya yang kenyal dan gurih membuat pangsit aci menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner Indonesia.

Jika Anda ingin mencoba membuat pangsit aci sendiri di rumah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 250 gram tepung tapioka

- 50 gram tepung terigu

- 1/2 sendok teh garam

- 1/4 sendok teh merica bubuk

- 150 ml air matang

- Minyak goreng secukupnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahan Isi Pangsit Aci

Bahan untuk isian pangsit aci (opsional):

Daging cincang, sayuran, atau bahan isian lain sesuai selera

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, dan merica bubuk dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan air matang secara perlahan sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dengan tangan. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras.

3. Setelah adonan terbentuk, bagi adonan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Ambil salah satu bagian adonan dan giling dengan menggunakan rolling pin atau mesin giling dengan ketebalan sekitar 2-3 mm.

4. Jika Anda ingin menambahkan isian pada pangsit aci, letakkan isian di tengah adonan yang telah digiling. Lipat adonan menjadi setengah lingkaran dan tekan pinggirannya dengan jari atau ujung garpu untuk menyatukan bagian pangsit.

5. Potong-potong adonan yang telah dilipat menjadi bentuk pangsit kecil. Lakukan langkah yang sama dengan bagian adonan yang lain.

6. Siapkan panci dengan minyak goreng yang cukup dalam. Panaskan minyak dengan api sedang.

7. Goreng pangsit aci dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan. Pastikan pangsit matang sempurna dan renyah. Angkat pangsit aci dari minyak dan tiriskan.

8. Ulangi proses penggilingan, pengisian, dan penggorengan hingga seluruh adonan habis.

9. Pangsit aci siap disajikan. Anda dapat menyajikannya dengan saus cabai atau saus tomat sebagai pelengkap.

Itulah cara membuat pangsit aci yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini