Sukses

Literasi Finansial untuk Generasi Muda

Finansial merupakan faktor penting yang harus diperhatikan generasi muda, apalagi di tengah perkembangan zaman seperti sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Finansial merupakan faktor penting yang harus diperhatikan generasi muda, apalagi di tengah perkembangan zaman seperti sekarang. Untuk itu PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memberi wadah dalam meningkatkan literasi finansial di kalangan muda.

Melalui penyelenggaraan Financial Literacy for YOUth Festival bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia, yang diadakan di Felfest Universitas Indonesia, 23 Mei 2023, Prudentian membekali generasi muda pengetahuan dan keahlian agar siap bekerja dan wirausaha.

Festival literasi finansial ini dimeriahkan melalui beragam program yakni Financial Talkshow, Financial Check Up, dan Financial Giant Game Board, yang dihadiri sekitar 500 siswa yang berasal dari 8 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), serta 8 perguruan tinggi di sekitar Jakarta, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen, naik dibanding tahun 2019 yang hanya 38,03 persen.

Sementara indeks inklusi keuangan tahun ini mencapai 85,10 persen meningkat dibanding periode SNLIK sebelumnya di tahun 2019 yaitu 76,19 persen , data ini menunjukkan pentingnya peningkatan literasi dan inklusi keuangan bagi generasi muda, terutama dalam mendukung keberhasilan program Indonesia Emas 2045.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Michellina L. Triwardhany mengatakan kesadaran pentingnya mengelola finansial harus dimiliki oleh seluruh masyarakat, terlepas usia dan latar belakang ekonomi mereka karena ini merupakan kunci hidup yang lebih sejahtera.

"Sejak hadir di Indonesia 27 tahun lalu, Prudential Indonesia secara berkelanjutan mendorong literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia melalui beragam inisiatif yang kami lakukan menyasar beragam kelompok umur," jelasnya.

Financial Literacy for YOUth Festival menghadirkan beragam program, yakni Financial Talkshow, Financial Check Up, dan Financial Giant Game Board.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Kelola Keuangan

Dalam program Financial Talkshow, sejumlah pakar keuangan hadir sebagai pembicara, salah satunya Ligwina Hananto, seorang CEO & Lead Financial Trainer.

Ia memberikan sejumlah tips untuk memulai mengelola keuangan, di anataranya membiasakan diri untuk menabung dan menerapkannya secara disiplin.

"Ketika kita sudah mulai bisa menentukan tujuan dan memilah mana yang benar-benar kebutuhan dan apakah itu hanya keinginan," ujarnya.

Selanjutnya, membuat rekening terpisah dengan proporsi yang sudah disesuaikan dengan pemasukan. Dengan begitu perencanaan keuangan tidak akan terganggu dan hasil yang didapatkan juga bisa bermanfaat dengan optimal.

Kegiatan Financial Check Up memberikan kesempatan kepada peserta untuk praktik langsung mengelola keuangan mereka dengan membandingkan pengeluaran harian atau bulanan mereka dengan target yang hendak mereka capai.

Peserta juga memperoleh kesempatan langsung melakukan cek kesehatan keuangan personal mereka dipandu pakar keuangan yang hadir.

Dalam Financial Giant Game Board, para peserta diajak menjalankan simulasi manajemen keuangan dalam permainan bernama “Satu Hari dalam Sebulan”.

Para peserta dapat mengulik konsep perencanaan anggaran dan belajar mengenai bagaimana pilihan yang mereka buat dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam mengatur keuangan personal di masa depan.

"Kami berharap dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang literasi keuangan, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih kuat secara finansial," ia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.