Sukses

Pendampingan Transformasi Digital untuk UMKM di Serang Banten

Acara ini diikuti oleh 120 UMKM peserta yang berasal dari Provinsi Banten.

Liputan6.com, Serang - Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) bekerja sama dengan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) menggelar acara Talkshow dan Pendampingan dengan tema "Teknologi Digital Untuk UMKM Indonesia".

SETC adalah sebuah program pembinaan dan pengembangan UMKM yang merupakan bagian dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) di bawah program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan UMKM Untuk Indonesia (UUI) yang fokus pada Transformasi Digital. Acara tersebut berlangsung pada Selasa (23/5/2023) di Serang, Banten.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mempercepat pengembangan dan penguatan kapasitas UMKM dalam hal pemasaran melalui platform digital dan pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan bisnis mereka.

Dengan demikian, UMKM diharapkan semakin memiliki daya saing sehingga usaha mereka dapat terus berkembang. Acara ini diikuti oleh 120 UMKM peserta yang berasal dari Provinsi Banten.

"Penggunaan teknologi digital untuk UMKM memperkuat usaha dalam meningkatkan daya saing sehingga dapat memajukan perekonomian daerah," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Serang, Wahyu Nurjamil,

Sementara itu, Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat  menegaskan komitmen Sampoerna dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, termasuk melalui transformasi digital.

"Melalui program keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami terus mendukung sektor UMKM sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional," ujarnya.

Sejak pendiriannya pada tahun 2007, SETC telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 65.000 pelaku UMKM di Indonesia, baik secara daring maupun tatap muka.

Ivi Anggraeni, Direktur Eksekutif INOTEK, berharap melalui rangkaian kegiatan UMKM Untuk Indonesia, para pelaku UMKM yang mengikuti program ini dapat mengikuti perkembangan bisnis dengan menggunakan teknologi digital sehingga mampu memberikan efek positif terhadap kemajuan perekonomian, terutama di Kota Serang.

Dalam pelaksanaan program UUI, INOTEK dan SETC menggandeng beberapa mitra strategis, di antaranya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.