Sukses

363 Jemaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Batam Tiba di Asrama, Besok Berangkat ke Tanah Suci

Sebanyak 363 jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk asrama haji Embarkasi Hang Nadim Batam,

Liputan6.com, Batam - Sebanyak 363 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama mulai masuk asrama haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Mereka akan berangkat ke Tanah Suci pada Rabu pagi (24/5/2023).

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Muhammad Syafii di Batam, Selasa (23/5/2023) mengatakan, pada kloter 1 merupakan jemaah calon haji (JCH) asal Provinsi Kepri.

"Kloter 1 sudah datang dan lengkap. Jemaah Kabupaten Natuna sudah datang dari Sabtu sebanyak 101 jemaah. Kemudian hari Senin dari Kabupaten Anambas 48 jemaah dan Kabupaten Lingga 41 jemaah. Dan hari ini dari Kota Batam 24 jemaah, Kabupaten Karimun 149 jamaah," kata Syafii.

Adapun calon haji yang akan diberangkatkan terdiri atas 363 calon haji, 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), 1 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), dan 1 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

"Di setiap kloter kita sudah ada petugas 5 orang petugas, terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, petugas kesehatan 3 orang ada 1 dokter dan 2 perawat," kata dia.

Ia menjelaskan pelepasan JCH kloter pertama Embarkasi Batam akan dilakukan oleh Gubernur Kepri pada 24 Mei 2023 pukul 03.00 WIB.

Jemaah mulai berdatangan ke asrama haji Embarkasi Aceh sejak Selasa, pagi. Jemaah langsung mengikuti pemeriksaan kesehatan, pembagian kartu kamar di asrama haji dan biaya hidup (living cost), pengambilan paspor, serta pemakaian gelang.

Embarkasi Hang Nadim Batam siap melayani calon jamaah haji dari empat provinsi di Indonesia, di antaranya Kalimantan Barat, Kepri, Riau dan Jambi.

"Embarkasi Batam melayani sekitar 11 ribu lebih jamaah. Yang masuk asrama Kepri dan Kalbar. Jambi dan Riau Embarkasi Antara tidak masuk asrama," demikian Muhammad Syafii.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Rp3 Juta

Calon haji dari daerah Embarkasi Hang Nadim Batam mendapatkan dana Rp3.030.000 untuk biaya hidup selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Menurut Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam Muhammad Syafii di Batam, Selasa, dana tersebut dibagikan setelah jamaah calon haji berada di asrama haji.

Ia menjelaskan bahwa setelah tiba di asrama haji jamaah calon haji akan menjalani pemeriksaan kesehatan serta mendapatkan paspor, gelang, kartu kamar di asrama haji, dan dana untuk biaya hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini