Sukses

Sulaman Karawo Khas Gorontalo Beraksi di Ajang Kabupaten Kota Kreatif 2023

al itu terlihat saat Bonebol diminta berpartisipasi dalam semarak Jejaring Kabupaten Kota Kreatif Indonesia 2023.

Liputan6.com, Gorontalo - Usai dinobatkan sebagai Kabupaten Kota Kreatif kategori Fesyen oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kabupaten Bone Bolango terus memperlihatkan kreativitasnya.

Kabupaten itu, terus menunjukan bakat dan dalam mempromosikan Fesyen khas Provinsi Gorontalo yakni pakaian Karawo. Hal itu terlihat saat Bonebol diminta berpartisipasi dalam semarak Jejaring Kabupaten Kota Kreatif Indonesia 2023.

Kegiatan yang disebut dengan Semarak JejaKK Kreatif Indonesia 2023 itu, digelar di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Gelaran semarak jejak kreatif ini digelar dalam rangka pelaksanaan Program Pengembangan Kabupaten Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia Tahun 2023.

"Di sini kita bisa melihat karya-karya ekonomi kreatif bukan hanya dari 35 kabupaten kota yang ada di Jawa Tengah, tapi di seluruh Indonesia khususnya yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Berlangsung selama tiga hari hingga 21 Mei 2023, "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" diisi berbagai acara. Mulai dari pameran produk ekonomi kreatif, forum diskusi KaTa kreatif, pergelaran orkestra, pergelaran seni pertunjukan, fashion show, local market meet up, business meeting, coaching ekraf, live cooking kuliner, hingga nonton bareng ekraf.

Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" juga dibuka dengan Semarang Night Carnival, acara tahunan yang menjadi rangkaian dalam peringatan HUT ke-476 Kota Semarang. Gelaran Semarang Night Carnival 2023 mengangkat tema "The Luxury" yang memiliki arti kemewahan, keindahan, dan kenyamanan.

"Di acara ini juga ada beberapa destinasi wisata nusantara yang kita pasarkan termasuk desa-desa wisata," ujar Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, pemilihan Kota Semarang sebagai lokasi penyelenggaraan acara tidak lepas dari keseriusan Pemerintah Kota Semarang bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana promosi UMKM Bone Bolango khususnya Karawo. Bupati pun menjelaskan kain karawo yang dikenakannya merupakan hasil kerja kreatif pengrajin Karawo.

“Motif karawo sangat beragam, namun dalam pengerjaannya butuh waktu. Untuk desain yang besar bisa dua minggu pengerjaanya,” kata Hamim.

Simak juga video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.