Sukses

Melihat Antusiasme Calon Anggota Polri saat Mengikut CAT di Polda Sulsel

3.718 peserta seleksi calon anggota polri di Polda Sulsel terlihat antusias mengikuti CAT dan Psikotes.

Liputan6.com, Makassar - 3.718 peserta penerimaan anggota Polri Tahun Anggaran 2023 di Polda Sulsel yang terdiri dari Calon Taruna Akpol 170 orang, Bintara 3.239 orang dan Tamtama sebanyak 211 orang kini mengikuti Tes Psikologi Tahap I. Tahapan Psikotes itu dilakukan setelah mereka dinyatakan lulus pada Tes Kesehatan Tahap I. 

Pelaksanaan Tes Psikologi Tahap I ini dilaksanakan secara serentak di seluruh penjuru Indonesia mulai dari tanggal 12 Mei 2023 dengan berbasis komputer atau yang sering kita dengar dengan istilah Computer Assisted Test (CAT), yang pelaksanaanya dipandu langsung oleh panitia pusat yang ada di Mabes Polri.

"Kendali penuhnya ada di pusat, Polda sebagai panitia daerah hanya berperan sebagai penyedia lokasi ujian dan perangkat serta memastikan kelancaran ujian," kata Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol Denny Y Putro, Rabu (17/5/2023). 

Denny menambahkan bahwa Polda Sulsel juga menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai penyedia sarana dan prasarana bagi para calon anggota polri di Sulsel dalam mengikuti CAT. 

"Hal ini juga tidak dilakukan sendirian, Polda Sulsel menggandeng Dinas Pendidikan Provinsi untuk berkerja sama dalam penyediaan perangkat CAT di berbagai sekolah baik dari SMA maupun SMK yang ada di Kota Makassar," tambahnya.

CAT ini bukanlah hal baru dalam proses seleksi calon anggota polri, beberapa tahun terakhir Polri sudah menerapkam sistem ini dan hasilnya pun cukup berjalan baik selama ini.

Pemeriksaan psikologi ini bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan memiliki nilai ambang batas 61 sehingga peserta yang tidak dapat mencapai nilai 61 maka akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat sehingga tidak dapat lanjut ke tahap berikutnya.

Para peserta pun terlihat antusias dalam mengikuti CAT yang berlangsung secara serentak tersebut. Para peserta menyampaikan bahwa selain pelaksanaannya tidak ribet, pesertapun bisa mengetahaui nilainya secara langsung (real time) yang muncul dilayar monitor peserta pada saat ujian berakhir sehingga prinsip Clear and Clean jelas sangat terasa pada proses penerimaan anggota Polri ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini