Sukses

Daftarkan 74 Bacaleg ke KPU, Partai Buruh Sumut Pede Rebut 8 Kursi DPRD Provinsi

Exco Partai Buruh Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendaftarkan 74 bakal calon anggota legisltif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut pada Minggu, 14 Mei 2023.

Liputan6.com, Medan Exco Partai Buruh Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendaftarkan 74 bakal calon anggota legisltif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut pada Minggu, 14 Mei 2023.

Berkas pendaftaran bacaleg Partai Buruh Sumut diterima langsung Ketua KPU Sumut, Herdensi, didampingi jajaran Komisioner KPU, disaksikan Bawaslu Sumut. Berkas diperiksa tim verifikator dan dinyatakan memenuhi syarat.

Ketua Partai Buruh Sumut, Willy Agus Utomo, turun langsung membawa puluhan kader berkemeja orange ke KPU Sumut. Willy menyampaikan rasa optimis bacaleg yang diajukan mampu merebut 8 kursi di DPRD Sumut pada Pemilu 2024.

"Walau kita hanya majukan 74 bacaleg dari 100 kuota, tapi di 12 Dapil Sumut kita ikut bertarung. Kami yakin 8 kursi dapat kami rebut, karena Sumut mayoritas kaum pekerja, petani, nelayan. Itu konstituen suara kami," kata Willy didampingi Sekretaris, Ijon Tuah Hamonangan Purba, di Medan, Senin (15/5/2023).

Diungkapkan Willy, sasaran suara Partai Buruh untuk merebut 8 kursi DPRD Sumut adalah suara buruh pabrik, buruh perkebunan, buruh kantoran, buruh galangan kapal, buruh bongkar muat, buruh swasta. Kemudian petani, nelayan, tukang becak, penarik ojol, pekerja kantoran, perempuan, pemuda, mahasiswa, dan lapisan masyarakat kecil.

"Data BPS, pekerja penerima upah baik formal dan informal itu 8 jutaan di Sumut. Tidak semua, 5 persen dari mereka saja sadar akan perubahaan, maka 8 kursi DPRD Sumut dapat terwujud," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Partai Buruh

Willy yang juga maju sebagai bacaleg DPRD Sumut Dapil Deli Serdang II menyampaikan program Partai Buruh dalam mengambil hati rakyat, seperti membuka Posko Orange, posko pengaduan masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum secara gratis.

Kemudian, mengadvokasi kesehatan rakyat yang tidak ada BPJS, dan hal-hal kerakyatan lainnya. Selain itu program para bacaleg turun dapil melakukan pengabdian terhadap masyarakat kecil.

"Juga program kami satu kader membawa satu orang untuk menjadi relawan Partai Buruh, guna menyosialisasikan program juang partai," ujarnya.

Disebutkan Willy, dari 74 bacaleg yang diajukan telah mengakomodir kesempatan bagi perempuan sebanyak 26 orang atau 38 persen dari kewajiban 30 persen aturan KPU.

"Sebab, salah satu program juang kita juga untuk kaum perempuan. Kesetaraan hak kaum perempuan menjadi fokus utama kita, khususnya di ruang lingkup kerja dan kehidupan sosial masyarakat," sebut aktivis buruh yang vokal memperjuangkan hak buruh di Sumut itu.

3 dari 3 halaman

Serentak Daftar ke KPU

Disebutkan Willy, Pengurus Exco Partai Buruh di 32 kabupaten kota di Sumut juga telah serentak melakukan pendaftaran bacaleg, dan saat ini sedang proses pemeriksaan berkas.

"Semoga juga kabupaten kota kami dapat merebut kursi DPRD, dan mempunyai fraksi di beberapa kabupaten kota yang basis buruh, serta minimal dua kursi DPRD di kabupaten kota," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.