Sukses

Momentum Hardiknas, Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM Menuju Manado Emas 2045

Kodim 1309/Manado dengan menggelar upacara peringatan Hardiknas bersama Polresta Manado serta perwakilan sekolah-sekolah di Kota Manado, Sulut, Selasa (2/5/2023).

Liputan6.com, Manado - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap 2 Mei di mana tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional.

Hal yang sama juga dilakukan Kodim 1309 Manado dengan menggelar upacara peringatan Hardiknas bersama Polresta Manado dan perwakilan sekolah-sekolah di Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (2/5/2023).

Kegiatan Upacara Hardiknas dengan Tema "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar" dilaksanakan di Lapangan Hitam Makodim 1309/Manado, Jl Samratulangi Kelurahan Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, Kota Manado.  

Dalam poin pertama pedoman peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 tampak berbeda, karena kegiatan ini dilaksanakan secara bersama dengan TNI Polri menggandeng sekolah serta meningkatkan Sinergi TNI Polri.

Dalam kegiatan upacara yang bertindak sebagai Inspektur upacara Kasdim 1309/Manado Letkol Inf Dedi Junaedi, dan Perwira Upacara Pasipers Kodim 1309/Manado Kapten Czi Raymond F Ranti serta Komandan Upacara Plh Danramil 1309-05/Wori Lettu Inf Apun.

Terkait momentum Hardiknas, Dandim 1309/Manado Letkol Inf Himawan Teddy Laksono mengatakan bahwa kegiatan upacara Hari Pendidikan Nasional ini sesuai dengan program meningkatkan sumber daya manusia (SDM) menuju Manado Emas 2045.

“Kita akan menuju Indonesia Emas 2045, atau 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu juga akan terjadi bonus demografi, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar,” ujar Letkol HTL sapaan akrab Himawan.

Lebih lanjut Himawan memaparkan, kondisi bonus demografi itu bisa menjadi kekuatan namun juga kelemahan, jika banyaknya penduduk usia kerja itu tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Karena itulah perlu disiapkan generasi emas yang bakal berperan besar pada tahun 2045 nanti.

“Karena itu maka peningkatan sumber daya manusia, mencakup pengetahuan dan ketrampilan harus disiapkan dari saat ini. Termasuk mulai dari kalangan siswa SD dan SMP yang nantinya akan memasuki usia produktif di tahun 2045 saat terjadi bonus demografi itu,” ungkap mantan Dandim 1626 Bangli ini.

Sejalan dengan program pemerintah pusat menuju Indonesia Emas itu, HTL mengatakan, jajaran Kodim 1309 Manado juga meniti jalan menuju Manado Emas dengan menyiapkan anak usia sekolah khususnya SD dan SMP dengan sumber daya manusia yang memadai. Termasuk punya wawasan kebangsaan yang baik.

“Kami ingin membentuk SDM khususnya bagi anak yang saat ini duduk di bangku SD dan SMP di Manado agar dari sekarang tahu akan wawasan kebangsaan, nilai-nilai kebangsaan, rasa bela negara, rasa persatuan dan kesatuan, serta rasa memiliki Indonesia,” papar Himawan Teddy Laksono.

Salah satu kegiatannya adalah dengan kehadiran Babinsa mengajar di sekolah-sekolah.

Simak juga video pilihan berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.