Sukses

Pesona Pantai Tanjung Kelayang Belitung, Jadi KEK sampai Lokasi Syuting Film

Daya tarik lain wisata Belitung ini adalah memiliki banyak batu granit raksasa yang bertebaran di sekitar pantai.

Liputan6.com, Belitung - Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu wisata unggulan di Tanah Belitung. Pantai ini berada di Kecamatan Sijuk, yakni sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Eksotisme pantai ini semakin disorot publik saat menjadi latar produksi film Laskar Pelangi pada 2015. Hal tersebut membuat kawasan pantai ini semakin diminati wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Sementara itu, sejak 2015, pantai Tanjung Kelayang masuk dalam program pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas oleh pemerintah. Selain itu, pada 14 Maret 2019, Pantai Tanjung Kelayang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016.

Tanjung Kelayang dipilih karena memiliki keunggulan di sisi geostrategis karena terletak di antara Indonesia dan negara ASEAN. Pengembangan KEK Tanjung Kelayang dilakukan dengan konsep 'Socially and Environmentally Responsible Development and Cultural Preservation'.

Daya tarik lain wisata Belitung ini adalah memiliki banyak batu granit raksasa yang bertebaran di sekitar pantai. Tumpukkan batu tersebut membentuk kepala burung.

Konon, bebatuan granit tersebut sudah berusia 65-200 juta tahun. Menariknya lagi, penamaan Kelayang berasal dari sebutan warga lokal untuk burung walet yang umum ditemukan di sana.

Wisatawan yang mengunjungi pantai ini bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, salah satunya aktivitas watersport yang memacu adrenalin seperti ski. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pesona bawah laut Pantai Tanjung Kelayang dengan melakukan snorkeling ataupun diving.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.