Sukses

Ajak Masyarakat Berbudaya K3, Siaga Run 5K Berau Coal Dapat Apresiasi

Selain mengajak masyarakat berbudaya K3, Kegiatan Siaga Run 5K Berau Coal juga menjadi even yang menggerakkan pariwisata.

Liputan6.com, Berau - Puncak Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) Tahun 2023 dilaksanakan PT Berau Coal dengan menggelar event lari Siaga Run 5K PT Berau Coal, Jalan Pulau Derawan, Kelurahan Tanjung Redeb, Sabtu (11/03).

Kegiatan itu diikuti lebih dari 3000 peserta yang terdiri dari masyarakat umum, komunitas runners, karyawan PT Berau Coal dan mitra kerja. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti event lari bertemakan “Siaga Saling Menjaga” yang juga dihadiri oleh Bupati Berau yang diwakili oleh Asisten I Setkab Berau, M Hendratno sekaligus membuka acara.

Menurutnya, event tersebut merupakan kegiatan positif, karena sekaligus bisa menjadi media kampanye untuk mengolahragakan masyarakat kita dengan cara menyenangkan.

“Kami mewakili Pemkab Berau, mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal. Pasalnya, dengan kegiatan ini masyarakat bisa tergerak untuk kembali membudayakan keselamatan dan pola hidup yang sehat," kata Hendratno.

Momentum itu menjadi kesempatan bagi Hendratno untuk mengajak seluruh masyarakat terutama bagi pekerja dalam menumbuhkan budaya K3 di lingkungan kerja. Tujuannya agar semua pekerja dapat selamat dan nyaman dalam bekerja.

"Marilah kita laksanakan setiap upaya peningkatan kemandirian berbudaya K3 dan terus menggelorakan K3 di setiap kesempatan. Saya harap PT Berau Coal dapat menjadi pelopor dan teladan implementasi K3 sebagaimana mestinya," sebutnya.

Ditambahkan Ketua DPRD Berau, Madri Pani, selama ini PT Berau Coal telah bersinergi baik dengan Pemda Berau. Tidak hanya dalam bentuk sumbangsih Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun juga menciptakan acara yang sangat baik. Di mana, masyarakat diajak untuk berolahraga, untuk terus menjaga budaya keselamatan dan kesehatan masyarakat.

"PT Berau Coal adalah penyumbang PAD terbesar dan kontribusi perusahaan ini sangat baik dan positif. Tentunya juga, kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi atas event yang diselenggarakan oleh PT Berau Coal," imbuhnya.

Simak juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Tarik Wisatawan ke Berau

Operation & HSE Director PT Berau Coal, Arief Wiedhartono menjelaskan, Siaga Run 5K PT Berau Coal digelar untuk menumbuhkan budaya siaga saling menjaga keselamatan, tidak hanya diterapkan pada kalangan pekerja, namun juga seluruh lapisan masyarakat, sehingga mewujudkan hidup yang lebih aman dan sehat.

"Selama ini sudah kita laksanakan sebanyak lima kali, namun selama tiga tahun kemarin kita sempat vakum akibat pandemi. Pelaksanaan tahun ini sangat meriah, terbukti dari antusiasme para peserta yang ikut berlari pada hari ini," ungkap Arief.

Dirinya berharap, bahwa kegiatan ini bisa rutin dapat dilakukan setiap tahun dan dapat menarik wisatawan dari luar Berau. Tidak menutup kemungkinan acara tersebut juga diadakan di berbagai kawasan wisata yang ada di Berau.

"Kami, selalu senantiasa mendukung kegiatan dan kemajuan Berau. Tidak menutup kemungkinan, kegiatan seperti ini bisa dilakukan di tempat wisata. Karena memang, pariwisata Berau gencar dipromosikan, sebagai salah satu penopang ekonomi masyarakat kelak," katanya.

Berhasil menjadi yang pertama mencapai garis finish hanya dengan waktu 17 menit 41 detik, yaitu Pratu Hisyam yang berasal dari Kodim 0902/BRU. Sebagai juara pertama kategori mens open, Hisyam dengan nomor dada 5082 mengaku telah mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti Siaga Run 5K PT Berau Coal.

"Saya mencoba melakukan yang terbaik, dan Alhamdulillah berhasil menjadi juara. Penting untuk runners melakukan persiapan sebelum berlomba, saya sebelumnya telah melakukan persiapan dengan latihan lari interval dan lari jarak jauh," ungkapnya.

Selain itu, Juara 1 kategori Woman Open Siaga Run 5K PT Berau Coal, berasal dari Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Evlyn Salabat. Dia mengungkapkan rasa bahagianya karena berhasil menjadi juara satu dalam event yang dilaksanakan oleh PT Berau Coal.

"Terima kasih kepada PT Berau Coal telah melaksanakan event hari ini luar biasa meriah, menghibur, dan menyenangkan. Semoga tahun depan kembali melaksanakan kegiatan seperti ini, ajang ini juga menjadi wadah kami mencari pengalaman, silaturahim bertemu sesama runners, dan mengkampanyekan budaya K3 juga," tutupnya.

Siaga Run 5K PT Berau Coal turut di meriahkan oleh Maria Selena, dan undian doorprize menarik senilai total ratusan juta rupiah di akhir acara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.