Sukses

Pengasuh Ponpes Al Munir Jepara KH Rofiq Malik Meninggal saat Isi Ceramah, Videonya Viral di Medsos

Dalam ceramahnya KH Rofiq Malik sempat mengingatkan jemaah bawaha bumi ini tempatnya Allah, tapi Allah punya pilihan di antaranya beberapa tempat.

 

Liputan6.com, Jakarta - KH Rofiq Malik, pengasuh Pondok Pesantren Al Munir, meninggal dunia saat mengisi ceramah di wisuda santri Ponses Al Murtadho di Desa Blingoh, Donorojo, Jepara, Rabu malam (8/3/2023). Video detik-detik KH Rofiq Malik meninggal viral usai dibagikan ke media sosial. 

Wakil Ketua PCNU Jepara Hisam Zamroni, membenarkan peristiwa tersebut. Hisam mengatakan, awalnya acara berjalan lancar, namun saat mengisi ceramah, KH Rofiq Malik tiba-tiba ambruk dan dinyatakan meninggal dunia.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, Rabu malam.

"Di tengah-tengah memberikan ceramah tiba-tiba beliau ambruk," kata Hisam, Kamis (9/3/2023).

Hisam juga menyampaikan, KH Rofiq terlihat sehat saat menghadiri acara tersebut. Semua orang yang berada di lokasi wisuda tidak menyangka tiba-tiba KH Rofiq ambruk dan meninggal dunia. Memang dalam video yang beredar, KH Rofiq sempat terlihat menghela napas sebelum akhirnya ambruk. 

Almarhum sendiri sudah dimakamkan di Komplek Makam Ponpes Al Munir di Desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo.

Dalam ceramahnya, KH Rofiq Malik sempat mengingatkan tentang tempat terbaik menurut Allah SWT.

"Bumi ini tempatnya Allah, tapi Allah punya pilihan di antaranya beberapa tempat. Majelis taklim, pondok pesantren, majelis zikir itu menjadi pilihan Allah yang membawa barokah," kata KH Rofiq Malik dalam tayangan video yang beredar.

KH Rofiq juga sempat dibawa ke Rumah Sakit Rehatta, namun kondisinya tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia.

Kepergian secara menddak ulama kharismatik itu meninggalkan duka yang mendalam bagi Ponpes Al Munir dan umat Islam di Jepara pada umumnya, mengingat dirinya merupakan sosok penyatyang. 

Pemakaman KH Rofiq Malik dihadiri ribuan jamaah dan masyarakat untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Pengasuh Pondok Pesantren Al Munir tersebut.

 KH Rofiq Malik dimakamkan di komplek pemakaman Pondok Pesantren Al Muniroh Bandungharjo, Jepara pada 9 Maret 2023 pukul 10.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.