Sukses

Menghijaukan Kembali Kawasan Bendungan Teritip Balikpapan Timur

Demi menjaga kelestarian lingkungan di konservasi Bendungan Teritip, Balikpapan Timur berbagai upaya dilakukan salah satunya dengan melakukan penanaman kembali pohon di lokasi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh PT Pama dan AHEMCE yang melakukan penanaman pohon buah.

Liputan6.com, Balikpapan - Dari sekian banyak program, konservasi adalah salah satu yang terus dilakukan PAMA Group di seluruh Indonesia. Di Balikpapan, komitmen untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan tersebut kembali dilakukan secara kolaborasi melalui Astra Heavy Equipment, Mining, Construction, and Energy (AHEMCE) yang terdiri dari Perusahaan PT United Tractor (UT), PT Pamapersada Nusantara (PAMA), PT Komatsu Remanufacturing Asia (KRA), PT United Tractor Pandu Enginering (UTPE), dan PT Triatria Sinergia Pratama (TSP).

Pelaksanaan konservasi kali ini dilakukan di Bendungan Teritip, Balikpapan Timur. Bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Timur, Kelurahan Teritip serta Kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan SDA Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Samarinda selaku pengelola Bendungan Teritip.

Bendungan Teritip merupakan salah satu infrastruktur vital penyedia air baku untuk masyarakat Balikpapan. Selain itu bendungan yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang diresmikan pada 2019 lalu tersebut juga memiliki fungsi sebagai wisata dan mereduksi banjir yang perlu dijaga.

"Kami berterima kasih atas kegiatan ini dan komitmen melalui surat perjanjian kerja sama pengelolaan area konservasi penanaman pohon di Bendungan Teritip antara AHEMCE Group dan Kementerian PUPR melalui BWS Kalimantan IV Samarinda di 2022. Tentu ini akan sangat bermanfaat untuk lingkungan nantinya," jelas Kepala BWS Kalimantan IV Harya Muldianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Perawatan Pohon hingga Berbuah

Kegiatan penanaman pohon berlangsung dengan suasana keakraban. Di mana para perwakilan manajemen AHEMCE sebelumnya melakukan gowes menuju tempat kegiatan. Kemudian melakukan tanda tangan berita acara kerja sama program konservasi penanaman pohon buah antara BWS Kalimantan IV dan Pimpinan AHEMCE diketahui oleh kepala DLH Balikpapan, camat Balikpapan Timur dan lurah Teritip.

Lantas dilakukan penyerahan simbolis kepada BWS Kalimantan IV dan bibit ke lurah Teritip dilanjutkan penanaman pohon bersama di lokasi penanaman.

"Yang ditanam adalah pohon buah-buahan. Yang juga merupakan rekomendasi dari DLH. Jadi selain pohon ini menghasilkan oksigen, juga nantinya bisa dinikmati masyarakat. Nanti kami panen bersama masyarakat,” ungkap Chief PAMA Balikpapan Operation Sulasman mewakili AHEMCE Balikpapan.

Setelah ditanam, komitmen pun ditunjukkan dengan merawat hingga dipastikan pohon dapat tumbuh baik dan berbuah. Untuk itu, tidak hanya bibit pohon, pihaknya juga menyediakan pupuk dan perawatan pemotongan rumput. Evaluasi pun secara rutin dilakukan. Sementara pengelolaannya, AHEMCE bekerja sama dengan pihak Bendungan Teritip dan masyarakat sekitar.

"Kami berkomitmen dan berharap program konservasi ini terus mendapat dukungan dan semoga bisa menginspirasi terutama generasi muda untuk lebih peduli dan cinta lingkungan," harap Sulasman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini