Sukses

Tanda Kamu Terkena Gangguan Pendengaran dan Cara Mengatasinya

Salah satu cara mudah berkomunikasi dengan smartphone adalah keberadaan earphone atau earbud yang menempel di telinga.

Liputan6.com, Jakarta - Gawai atau smartphone saat ini menjadi bagian penting di tengah padatnya aktivitas seseorang. Salah satu fungsinya untuk mempermudah jangkauan komunikasi terutama bagi para pekerja.

Ragam aplikasi yang memudahkan berkomunikasi tersedia dan bisa diakses kapan pun. Salah satu cara mudah berkomunikasi dengan smartphone adalah menggunakan earphone atau earbud.

Tanpa harus repot menempelkan gawai di telinga, earphone atau earbud menjadi solusi ketika mengikuti agenda penting yang menggunakan teknologi.

Namun, penggunaan earphone atau earbud yang terlalu sering dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran. Ini merupakan salah satu penyakit yang dapat mengganggu aktivitas harian.

Alangkah baiknya, seseorang segera memeriksakan diri sedini mungkin agar bisa segera mendapatkan penanganan dari petugas kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, gangguan pendengaran adalah sebuah kondisi di mana terdapat gangguan pada proses mendengar seseorang baik di telinga luar, tengah, maupun dalam untuk sampai ke otak.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda dan Cara Mengatasi

Beberapa penderita gangguan telinga tidak menyadari secara penuh bahwa dirinya mengalami gangguan pendengaran. Berikut ini adalah tanda Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, di antaranya adalah:

1. Sering menyalakan radio, televisi, hingga musik dengan volume tinggi.

2. Sering meminta lawan bicara kita untuk mengulangi pembicaraan yang sedang berlangsung.

3. Telinga berbunyi atau berdengung (tinnitus).

4. Seseorang memberitahu kita bahwa kita berbicara dengan keras tanpa kita sadari.

5. Sulit untuk mengikuti pembicaraan yang tengah berlangsung.

Untuk mengatasi gangguan pendengaran, telinga harus diberi waktu istirahat sekitar 10 sampai 15 menit di tengah padatnya tuntutan kerja menggunakan smartphone. Jika tidak sempat, Anda bisa memasang earphone secara bergantian.

Disarankan untuk menggunakan headphone dibandingkan earphone karena dianggap lebih aman. Namun, jika mengalami tanda gangguan pendengaran di atas, disarankan untuk memeriksa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan gejala yang timbul agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin. Penanganan gangguan pendengaran sedini mungkin akan memberikan manfaat yang besar bagi penderita gangguan pendengaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.