Sukses

F1 Powerboat Danau Toba, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan di Balige 24-26 Februari 2023

Rekayasa lalu lintas dilakukan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) selama kegiatan F1 Powerboat Danau Toba atau F1H2O mulai 24 hingga 26 Februari 2023. Hal ini dilakukan Polda Sumut, Polres Toba, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba.

Liputan6.com, Balige Rekayasa lalu lintas diberlakukan di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) selama kegiatan F1 Powerboat Danau Toba atau F1H2O mulai 24 hingga 26 Februari 2023. Hal ini dilakukan Polda Sumut, Polres Toba, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan. Karena diprediksi ribuan masyarakat maupun wisatawan akan berkunjung Balige selama F1 Powerboat Danau Toba berlangsung.

"Pengamanan sudah siap dilaksanakan selama F1 Powerboat. Aktivitas masyarakat tetap berjalan. 2.600 tiket sudah laku terjual, dan ada 17 event yang digelar selain F1 Powerboat, seperti UMKM, atraksi kesenian, dan lainnya di Balige," kata Panca, Selasa (21/2/2023).

Untuk mempermudah arus lalu lintas selama F1 Powerboat, Polda Sumut telah membuat skema pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Balige. Seperti di Jalan Sutomo, pada 24 hingga 26 Februari 2023 sudah steril dan dialihkan.

"Nantinya akan dilalui shuttle bus untuk membawa penonton F1 Powerboat ke titik-titik veneu yang telah disiapkah, mulai dari Bukti Pahoda hingga Pantai Bul-Bul," terang Kapolda.

Jalan Sisingamangaraja, sisi utara Balige, juga ditutup selama kegiatan F1 Powerboat. Masyarakat dapat memanfaatkan akses jalan-jalan lain di sekitarnya. Penonton di tribun utama diimbau datang lebih awal, pukul 12.00 WIB, karena event dimulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena setiap titik akses jalur ada personel dari TNI, Polri, Dishub, yang memberikan pengarahan," terang Panca.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

11 Pos Pengamanan

Kapolda Panca juga menjelaskan, sebanyak 11 pos pengamanan telah didirikan untuk mendukung kelancaran F1 Powerboat Danau Toba. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di Balige.

Sementara, pengalihan arus lalu lintas di Balige selama F1 Powerboat, untuk Jalinsum dari Jalan Simpang Sutomo-Jalan Simpang Jurang Monang harus steril. Sedangkan arus lalu lintas Jalinsum dialihkan ke Jalan Ringroad pada 2 lokasi ruas jalan, yaitu Jalan Tambunan dan Jalan Longat.

"Terdapat beberapa titik ruas jalan yang dijadikan satu, yang dipertegas dengan rambu-rambu lalu lintas di lapangan," sebutnya.

Untuk para penonton yang membawa kendaraan, disiapkan beberapa kantong parkir. Kemudian diangkut dan dibawa menggunakan bus yang telah disediakan ke titik drop off. Demi memperlancarkan dan memudahkan masyarakat, telah dibentuk 4 rayon selama pengalihan arus lalu lintas di Balige.

"Setiap rayon diisi personel TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP, untuk membantu masyarakat mengarahkan ke jalan alternatif jika terkena pengalihan arus lalu lintas," jelas Panca.

3 dari 3 halaman

Sediakan Shuttle Bus

Diinformasikan juga, Jalan Sisisngamangaraj, Jalan DI Panjaitan, Jalan Mulia Raja-Bukit Barisan, Jalan Siliwangi-Simpang Bul-Bul, dan Jalan Bukit Pahoda selama F1 Powerboat akan dialihkan.

Bagi warga di seputaran Balige, nantinya diarahkan ke Jalan By Pass-Sibagot Nipohan dan Jalan By Pass-Somba Debata. Penonton F1 Powerboat yang datang dari Porsea menggunakan roda 2 maupun roda 4 dialihkan masuk ke kantong parkir Lumban Pea.

Selanjutnya, dijemput menggunakan shuttle bus. Lalu diantar menuju titik drof off F1 Powerboat di Jalan Sisingamangaraja-Jalan Pendeta Leman, Jalan Sisingamangaraja Simpang Jalan Pardede Pasir dan Jalan Sisingamangaraja Simpang Jalan Sutomo.

Penonton F1 Powerboat yang datang dari arah Tarutung dialihkan masuk ke Jalan By Pass Balige, selanjutnya diarahkan ke kantong parkir Simanjalo I, II, dan Lomban Gorat I, II.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dari Porsea-Tarutung maupun sebaliknya, Tarutung-Porsea dialihkan melintas melalui Jalan By Pass Balige," Panca menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.