Sukses

Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan, Presiden Jokowi dan Sederet Tokoh Bakal Hadir

Presiden RI Joko Widodo dipastikan akan hadir dalam Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah yang akan digelar di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome Balikpapan pada Rabu (22/2/2023).

Liputan6.com, Balikpapan - Presiden RI Joko Widodo dipastikan akan hadir dalam Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah yang akan digelar di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) atau Dome Balikpapan pada Rabu (22/2/2023).

"Tanggal 22 kami akan melakukan pembukaan Muktamar ke-18 yang Insya Allah sampai saat ini di confirm Bapak Presiden Joko Widodo akan membuka acara bersama Bapak Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir," ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Sunanto, pada Senin (20/2/2023) sore.

Selain Presiden, sejumlah tamu undangan yang akan hadir dalam acara tersebut yakni mantan Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri juga akan hadir. Tamu undangan lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

"Kebetulan ada agenda Presiden, ini semua perangkat akan menyemarakkan pembukaan Muktamar Muhammadiyah selanjutnya akan mengunjungi IKN," terang Cak Nanto sapaan akrab Sunanto.

Dia mengatakan secara teknis mulai Selasa (21/2/2023) akan dilakukan penetapan kandidat Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah serta pengesahan segala perangkat Muktamar.

"Sebelumnya kami sudah melakukan sidang pleno 1 dan pleno 2 dengan pimpinan wilayah melalui online. Besok menetapkan agenda besarnya, sebelum agenda hari ini kami mengadakan jalan sehat bersama warga Muhammadiyah dan masyarakat Kaltim," bebernya.

Dalam kegiatan itu, dia menyebut akan dihadiri sekira 1.200 orang yang terdiri dari 112 pengurus Pimpinan Daerah yang tersebar di 34 provinsi, 512 kabupaten dan kota. "Sudah kami siapkan semua akomodasi untuk para peserta dan pendukung di 5 hotel di Balikpapan," katanya.

Dia menambahkan ada sebanyak 38 bakal calon Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah yang sudah mendaftar. Di mana para bakal calon itu, sebelumnya harus mendapatkan rekomendasi 5 pimpinan wilayah.

"Ada 38 calon formatur dari seleksi administrasi, namun ada sebagian yang mengundurkan diri. Karena semua memiliki potensi kandidat ada 36 orang sekarang semua 36 ini berpotensi menjadi ketua Umum," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini