Sukses

Dijuluki 'Ghost Palace', Ini Salah Satu Tempat Paling Berhantu di Bali

Sesuai namanya, Ghost Palace diyakini sebagai penginapan yang berhantu dan menjadi istana bagi makhluk supranatural.

Liputan6.com, Bali - Sebuah bekas hotel mewah di Bali memiliki julukan 'Ghost Palace' atau Istana Hantu. Julukan tersebut disematkan warga dan wisatawan asing yang senang dengan kegiatan berbau mistis di hotel yang berlokasi di kawasan Bedugul itu.

Sesuai namanya, Ghost Palace diyakini sebagai penginapan yang berhantu dan menjadi istana bagi makhluk supranatural. Menurut beberapa sumber yang beredar, hotel ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Jacob Laukaitis pada 2015 lalu. Saat itu, ia sedang tersesat dalam perjalanan traveling-nya.

Ia kemudian merekam dan mengunggah video yang ia ambil dalam channel Youtube miliknya. Unggahan tersebut sontak menarik perhatian masyarakat Bali dan seluruh wisatawan pencinta Bali.

Hotel ini berada di kawasan pegunungan di dataran tinggi Bedugul, yakni sekitar 50 kilometer dari sebelah utara Kuta. Ghost Palace berdiri dengan tegap dan kokoh bak istana tua yang sudah terabaikan.

Bangunan hotel ini sebenarnya belum utuh seluruhnya. Terdapat patung ular di tengah hotel yang menambah kesan angker, gelap, dan lembab.

Kesan angker ini terasa semakin kuat saat melihat penginapan yang dibangun ala hotel mewah bintang lima ini dihiasi tanaman merambat, rumput liar, dan lapisan dindingnya yang kusam. Sementara itu, lantainya terbuat dari batu marmer yang tak pernah lagi dibersihkan.

Kemegahan Ghost Palace ini sebenarnya masih bisa dirasakan. Meski mangkrak, bangunannya memang sangat luas dan megah. Hotel ini juga masih menyimpan perabotan dan perlengkapan hotel.

Konon, bangunan hotel ini milik keluarga cendana. Beberapa sumber mengatakan, hotel ini telah mangkrak bahkan sebelum beroperasi.

Kabarnya, sekitar 1990-an merupakan awal dibangunnya hotel ini sebagai proyek investasi Tommy Soeharto, putra bungsu Presiden ke-2 RI, Soeharto. Sayangnya, pembangunan hotel tersebut berhenti saat Tommy dibui pada 2002.

Kisah lain menyebut, hotel ini sebelumnya merupakan sebuah penginapan yang beroperasi secara aktif dan dipenuhi tamu. Namun, suatu ketika semua orang menghilang secara tiba-tiba dalam satu malam.

Diduga para penghuni meninggalkan hotel karena diganggu oleh makhluk halus. Makhluk halus itu berasal dari para pekerja konstruksi yang meninggal saat proses pembangunan hotel.

Menurut cerita warga setempat, mereka kerap melihat sosok wanita berambut pendek keluar dari hotel dan menggoda para pengemudi. Ia juga sering berjalan-jalan di sekitar hotel. Beberapa warga juga sering mendengar suara keramaian pada saat-saat tertentu.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.