Sukses

Pelaksanaan F1 Powerboat Danau Toba Dimaksimalkan untuk Dongkrak Perekonomian Sumut

Pelaksanaan event Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba dimaksimalkan untuk dongkrak perekonomian Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Medan Pelaksanaan event Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat atau F1H2O Danau Toba dimaksimalkan untuk dongkrak perekonomian Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengatakan, sektor pariwisata serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi sasaran utama.

Sebanyak 25 ribu lebih wisatawan dalam dan luar negeri diprediksikan memadati Balige, Kabupaten Tapanuli Utara, tempat digelarnya F1H2O pada 24 hingga 26 Februari 2023.

"Ini menjadi potensi luar biasa untuk sektor pariwisata dan UMKM Sumut," kata Edy Rahmayadi, saat menjadi narasumber di Talk Show Titik Pandang, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Selasa (7/2/2023).

"Kita mempersiapkan event ini benar-benar matang, dan memanfaatkannya untuk pariwisata serta UMKM kita, masyarakat di sana," sambung Edy, dalam talk show yang juga dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, dan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Event F1H2O Pertama di Indonesia

Disebutkan Edy Rahmayadi, F1 Powerboat Danau Toba merupakan event F1H2O pertama di Indonesia, dan pertama diadakan di danau air tawar. Menurut Edy, penyelengaraan pertama ini harus memberikan kesan yang baik.

"Harus berjalan lancar, karena kontraknya lima tahun, kesuksesan perdana sangat menentukan di tahun depan, tahun depannya lagi, sampai empat tahun ke depan," sebutnya.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan dengan matang pengamanan F1H2O. Juga dilakukan rekayasa lalu lintas, memasang CCTV, menyiapkan kantong-kantong parki, dan fasilitas penunjang lainnya.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat bila saat ini kurang nyaman. Ini untuk kesuksesan event," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Kualitas Keamanan

Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan, pihaknya akan memberikan kualitas keamanan untuk event ini, terutama pengamanan VVIP dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita semua sudah siap," tegasnya.

4 dari 4 halaman

Animo Masyarakat Tinggi

Menurut keterangan Direktur Marketing In Journey, Maya Watono, animo masyarakat sangat luar biasa. Per Selasa (7/2/2023) sebanyak 2.100 tiket F1 Powerboat Danau Toba habis terjual dalam 23 menit untuk lokasi di tribun.

"Kami sangat terkejut, saat membuka penjualan tiket, 2.100 tiket sold out dalam waktu 23 menit. Ini animo masyarakat luar biasa sekali," kata Maya Watono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.