Sukses

Cara Baca QRIS yang Benar "Kyuris" atau "Kris"? Berikut Penjelasannnya

Saat ini cara penyebutan “QRIS” kembali ramai dibahas oleh warganet setelah YouTuber Nessie Judge membuat Tweet mengenai caranya dalam membaca QRIS. Unggahannya tersebut diposting pada Kamis (2/2/2023) malam.

Liputan6.com, Bandung - Saat ini cara penyebutan “QRIS” kembali ramai dibahas oleh warganet setelah YouTuber Nessie Judge membuat Tweet mengenai caranya dalam membaca QRIS. Unggahannya tersebut diposting pada Kamis (02/02/2023) malam.

Nessie Judge membuat tweet tersebut yang berisi mengenai bagaimana caranya dalam menyebutkan QRIS serta sebutan-sebutan dari brand lain seperti McD, KFC, dan H&M dalam unggahannya tersebut.

IT’S QYURIS NOT KRIS, i’m so sorry bapak-bapak, it’s English, u set this up yourselves hahaha, It;s Mekdi for McD bukan Mekde. Keyefsi for KFC bukan Kaefce, Eichenem for H&M bukan Hadanem Wkwkw jangan berantakin otak kita yang sudah berantakan ini,” tulis Nessie.

Kolom reply Nessie Judge sendiri dipenuhi dengan komentar pengguna Twitter lain yang mengoreksi bagaimana cara membacanya dengan benar. Serta ada juga pengguna lain yang turut mengungkapkan bagaimana cara membacanya versi mereka.

Meskipun begitu Nessie sendiri mengatakan bahwa ia akan tetap menggunakan kata tersebut menurut versinya. Ia juga mengetahui bahwa cara membaca QRIS yang benar adalah apa yang disebutkan oleh video yang diunggah oleh Bank Indonesia.

Hahaha iya ngerti makanya aku bilang sorry bapak2, karena aku liat video officialnya bapak2nya bilang yang BENAR emang Kris.. sorry bapak2 tapi aku akan tetap bilang Qyuriss gitu, ngerti ga nadanya? Hehehe,” ujar Nessie (@nessiejudge)

Bagaimana Cara Baca QRIS yang Benar?

Sebelum mengetahui bagaimana cara membaca QRIS yang benar kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standar dan ini merupakan sebuah pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

Metode pembayaran tersebut adalah proses transaksi yang dikenal sangat mudah karena menggunakan QR Code sehingga bisa lebih mudah, cepat, serta keamanannya bisa lebih terjaga.

Melansir dari Twitter resmi Bank Indonesia yang diunggah pada 27 Januari 2023 lalu mengunggah video mengenai bagaimana cara menyebutkan QRIS yang benar. Adapun dalam video tersebut dijelaskan bahwa cara membaca yang benar adala “KRIS”.

Bahkan dalam situs resmi dari bi.go.id ketika menjelaskan singkatan dari QRIS diungkapkan bahwa cara membacanya adalah KRIS.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah jasa penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code,” mengutip dari situs resmi Bank Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.