Sukses

Deretan Mal Terbesar dan Melegenda di Indonesia

Banyak mal besar yang berdiri megah di Indonesia dari Jawa hingga pulau lain dengan beragam pilihan belanja dan hiburan.

Liputan6.com, Jakarta - Mal merupakan tempat perbelanjaan modern yang dikunjungi banyak masyarakat. Tempatnya yang nyaman membuat masyarakat menjadikan mal sebagai salah satu rekomendasi liburan dan belanja keluarga.

Tidak hanya belanja, berkunjung ke mal juga bisa menjadi bagian dari hiburan. Banyak mall besar yang berdiri megah di Indonesia dari Jawa hingga pulau lainnya.

Setiap mal biasanya ditempati berbagai macam gerai pelaku bisnis dalam berbagai macam komoditas, mulai dari pakaian, makanan, hingga teknologi dan sebagainya.

Beberapa mall megah di Indonesia juga mendapatkan predikat terbesar dan terluas. Berikut adalah daftar mall terbesar dan terluas di Indonesia:

Pakuwon Mall Surabaya

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa mal terbesar di Indonesia terletak di Jakarta. Tapi ternyata Mall yang memiliki predikat terbesar di Indonesia ini adalah Pakuwon Mall yang terletak di Surabaya.

Pakuwon Mall Surabaya sendiri memiliki luas lantai hingga 200.000 meter persegi. Mal tersebut juga memiliki tiga lantai dengan luas bangunan sebesar 90.000 meter persegi.

Sedangkan, untuk atrium dasar dari Pakuwon Mall Surabaya memiliki luas hingga 1.200 meter persegi. Memiliki tiga lantai basement yang dilengkapi dengan enam lantai mall serta 1 lantai exhibition hall menjadikan Pakuwon Mall Surabaya begitu banyak dikenal orang.

Bahkan tenant yang berada di Pakuwon Mall Surabaya juga terbilang cukup lengkap dengan keberadaan brand-brand besar. Pakuwon Mall Surabaya tak hanya digunakan sebagai pusat perbelanjaan saja.

Namun, mall ini juga kerap digunakan untuk berbagai macam acara seperti promosi, pameran, pertemuan, hingga acara pernikahan.

Tunjungan Plaza

Yang kedua adalah Tunjungan Plaza yang juga berlokasi di Surabaya, tepatnya di Jalan Jenderal Basuki Rachmat Nomor 8-12, Kedungdoro, Kecamatan Tegalsari. Tunjungan Plaza memiliki luas 17.000 meter persegi.

Terbagi menjadi 6 pusat perbelanjaan, yaitu Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II, Tunjungan Olaza III, Tunjungan Plaza IV, Tunjungan Plaza V, dan Tunjungan Plaza VI.

Tunjungan Plaza juga diketahui juga masih dimiliki oleh Pakuwon Group. Tidak bisa dipungkiri bahwa Pakuwon Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang properti terbesar yang ada d Surabaya. Mereka tidak hanya memiliki Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall saja. Mereka juga memiliki bisnis property lain seperti, Royal Plaza, East Coast Center, Pakuwon Trade Center, dan Pakuwon Town Square.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Summarecon Mall Kelapa Gading

Summarecon Mall Kelapa Gading awal dibangun pada tahun 1975. Mal ini mengalami tiga kali renovasi serta perluasan pada tahu 1990, 2003, dan 2007.

Hingga kini memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi menjadi mall terbesar di Indonesia di urutan ketiga. Banyak yang menyebut mall ini dengan istilah MKG yang berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading Raya Nomor 13, Kelurahan Kelapa Gading Timur.

Beberapa fasilitas pendukung dari mall ini adalah Gading Food City, Hotel Harris, La Piazza Lifestyle Center hingga pusat perbelanjaan. Summarecon Mall Kelapa Gading berada di bawah PT Summarecon Agung dan memiliki banyak agenda acara rutin yang digelar di dalamnya. Salah satunya adalah adanya acara jakarta Fashion and Food Festival yang juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Grand Indonesia

Berikutanya adalah Grand Indonesia. Gedung yang memiliki luas lantai sebesar 140.000 meter persegi yang dibagi menjadi tiga area ini berada di Jalan MH Thamrin Nomor 1, RT1/RW5.

Tiga area yang ada di Grand Indonesia meliputi mall barat dengan 9 lantai, mall timur dengan 8 lantai dan skybridge yang memiliki 5 lantai. Grand Indonesia sudah mulai beroperasi pada tahun 2007 lalu dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Grand Indonesia juga menawarkan fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan pakaian, pusat kuliner, pusat elektronik, toko buku hingga bioskop.

Konsep yang dipakai Grand Indonesia ini adalah Family Friendly Lifestyle Mall, jadi mereka akan menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat sekaligus.

Mall Taman Anggrek

Mall Taman Anggrek yang terletak di Jalan Letjen S Parman Kav 28, Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Menjadi salah satu mal terbesar di Indonesia.

Mall yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1966 ini memiliki luas sekitar 130.000 meter persegi serta dibangun bersebelahan langsung dengan apartemen.

Mall Taman Anggrek juga biasa disebut dengan MTA didirikan oleh Salimin Prawiro Sumarto. MTA adalah mall yang pertama kalinya menyediakanlayanan arena ice skating indoor.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.