Sukses

Ada Pantai Jerman di Bali, Ini Asal Mula Namanya

Penamaan tempat wisata Bali Pantai Jerman juga tak lepas dari sejarah masa lalunya.

Liputan6.com, Bali - Bali memiliki wisata alam yang melimpah, salah satunya pantai. Dari beberapa pilihan destinasi wisata pantai yang dimiliki Bali, terdapat satu pantai yang sangat tenang, yakni Pantai Jerman.

Pantai ini berlokasi di Jalan Wana Segara, Desa Adat Tuban, Kuta, Badung, Bali. Lokasinya pun masih berada di dalam kawasan pantai populer di Bandung Seminyak, Double Six, dan Kuta Bali.

Penamaan pantai wisata Bali ini juga tak lepas dari sejarah masa lalunya. Dahulu, di pantai ini terdapat pelabuhan bernama Pelabuhan Kuta.

Pelabuhan tersebut menjadi tempat berlabuh dan berdagang para pedagang dari luar Bali dan luar Indonesia. Bahkan, Pelabuhan Kuta dahulu merupakan pelabuhan terpenting di Bali Selatan.

Namun, lambat laun pelabuhan ini tidak lagi beroperasi karena abrasi. Hal tersebut pun membuat tempat ini beralih fungsi menjadi kawasan pemukiman, terutama untuk warga Jerman.

Dari sanalah pantai ini terkenal dengan sebutan Pantai Jerman. Namun, saat ini perumahan warga Jerman sudah tak tersisa karena abrasi air laut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Segara

Selain dikenal dengan nama Pantai Jerman, kawasan wisata tersebut juga dikenal dengan sebutan Pantai Segara. Meski demikian, nama Pantai Jerman lebih populer dan menjadi ikon pantai ini.

Pantai Jerman memiliki garis pantai yang panjang. Pesisir pantai ini pun tampak bersih tanpa batuan karang.

Para wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti bermain bola, bermain voli, hingga melihat sunset (matahari terbenam). Selain itu, para wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan perahu milik warga setempat.

Pasalnya, di sekitar Pantai Jerman terdapat pemukiman masyarakat setempat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Tak heran jika di sekitar pantai ini terdapat banyak perahu tradisional dengan cadik di kanan dan kiri perahu.

Wisatawan juga bisa menyewa perahu tersebut untuk berkeliling. Selain beberapa hal di atas, Pantai Jerman juga memiliki daya tarik lainnya, yakni pemandangan pesawat lepas landas dan mendarat. Pasalnya, pantai ini berlokasi dekat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.