Sukses

Pemkab Sumba Timur Diminta Tingkatkan Inovasi Sektor Wisata, Jadikan Ujung Tombak Perekonomian

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur diminta terus berupaya meningkatkan inovasinya terutama inovasi pada sektor pariwisata.

Liputan6.com, Sumba Timur - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Timur diminta terus berupaya meningkatkan inovasinya terutama inovasi pada sektor pariwisata.

Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo mengatakan, Provinsi NTT memiliki tiga sektor penting yang menjadi ujung tombak ekonomi daerah tersebut. Yaitu, sektor peternakan, pertanian dan pariwisata. Dari ketiga sektor tersebut, pariwisata menjadi yang paling potensial untuk dikembangkan.

"Terutama pariwisata jika dikelola dengan sangat baik, akan menjadi prioritas tinggi di tingkat nasional. Nah ini dikatakan akan menghasilkan industri wisata yang akan memberikan kontribusi terbesar dalam penyelenggaraan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur," jelasnya saat Focus Group Discussion (FGD) "Pembinaan Inovasi Daerah pada Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)". pada Senin, 22 Mei 2023.

Yusharto menyatakan, upaya pengembangan sektor pariwisata baru akan maksimal jika didukung dengan pengembangan inovasi dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dalam sektor tersebut.

"Untuk itu kita perlu membentuk ekosistem inovasi sehingga setiap daerah dapat mengembangkan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Yusharto juga mengungkapkan, berdasarkan data pelaporan Indeks Inovasi Daerah (IID) tahun 2022 mengungkapkan bahwa Kabupaten Sumba Timur merupakan daerah terinovatif dalam kategori daerah tertinggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Bekerja Sama

Namun, Yusharto tetap berpesan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Kabupaten Sumba Timur terus saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam mengembangkan inovasi. Dengan cara itu, Sumba Timur diharapkan tetap menjadi daerah terinovatif di tengah kabupaten lainnya di Provinsi NTT.

"Untuk itu kami berharap ke depannya kondisinya akan jauh lebih baik, yang sudah ada dipertahankan terus (nilai IID Tahun 2022), terus inovatif jangan kendor," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.