Sukses

Mau Solo Traveling? Jangan Lupa Bawa Barang-barang Ini Ya!

Supaya kamu tidak perlu lagi membeli hal-hal yang diperlukan di negara tujuan, pastikan kamu membuat daftar/ list barang yang harus dibawa.

Liputan6.com, Jakarta - Pertama kali pergi solo traveling? Jangan sampai kamu lupa dengan barang-barang ini ya.

Supaya kamu tidak perlu lagi membeli hal-hal yang diperlukan di negara tujuan, pastikan kamu membuat daftar atau list barang yang harus dibawa. 

Biasanya, kita sering melewatkan hal-hal kecil yang urgensinya tinggi. Namun, karena kita fokus kepada hal-hal besar, hal kecil ini pun seringkali terlewat. Apa saja barang yang wajib dibawa saat solo traveling?

1. Bluetooth Shutter

Untuk para independen traveler, kamu bisa membawa bluetooth shutter yang terkoneksi dengan gawai. Barang ini berfungsi untuk menekan tombo video atau foto agar kamu tidak perlu lagi timer. Cukup taruh gawaimu di tripod atau sandaran, lalu tekan shutter tersebut dan mulailah bergaya di tempat-tempat favorit di destinasi tujuan.

2. Tripod

Tripod yang adjustable wajib kamu bawa sebagai teman yang menemani selama perjalanan. Tripod berfungsi untuk membuat foto dan videomu semakin bagus tanpa meminta tolong orang lain.

Banyak jenis tripod yang bisa kamu gunakan. Pastikan kamu membeli tripod yang harganya cukup baik, jangan terlalu murah, dan sesuai di kantong, karena harga sangat mempengaruhi kualitas. Tidak perlu membeli, kamu bisa menyewa atau meminjam milik teman.

3. Pembalut

Bagi pejalan wanita, jangan sampai kamu kelabakan jika tamu bulanan datang. Pastikan sedia pembalut sebelum waktunya. Jika kamu sudah terbiasa menggunakan menscup, maka itu lebih baik karena tidak menyulitkan, menggunakan ruang di tas terlalu besar, dan bisa masuk di kantong celana/jaket/tas poketmu.

4. Obat-obatan

Untuk kamu yang mudah sakit, jangan lupa membawa obat-obatan dan vitamin agar kamu siap menghadapi perjalanan. Tetap minum vitamin atau suplemen agar kamu kuat menghadapi perjalanan panjang.

5. Tisu dan Hand Sanitizer

Tisu atau kain mesti dibawa agar kamu bisa mengelap kotoran. Sediakan juga hand sanitizer dan masker tambahan di tas poket supaya lebih mudah mengganti masker di perjalanan. Tetap jaga protokol kesehatan ya!

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.