Sukses

KPU Jabar Kembalikan Berkas 6 Bakal Calon DPD, Ada Aceng Fikri dan Komeng

Berkas dukungan 6 bakal calon dikembalikan KPU Jabar.

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat mengembalikan berkas dukungan 6 bakal calon (balon) Dewan Perwakilan Daerah (balon DPD) karena dianggap tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan.

Keenam balon DPD yang dikembalikan berkas dukungannya adalah Euis Ratnaningsih, Edi Kusdiana, Adil Makmur Sentosa, Idris Ependi, mantan Bupati Garut Aceng Fikri, dan komedian Alfiansyah alias Komeng.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Rifki Ali Mubarok, seluruh balon DPD tersebut tidak dapat melengkapi pengunggahan berkas dukungan ke sistem informasi pencalonan (Silon).

Namun, untuk bentuk dukungan dalam bentuk berkas secara fisik, 6 balon DPD Jabar itu dinyatakan telah memenuhi syarat yang ditentukan.

"Karena tidak selesai (proses) ke Silonnya. Sementara Silon ini menjadi syarat untuk bisa diterima dan memasuki tahapan selanjutnya. Sehingga dari hal tersebut bisa disampaikan nanti verifikasi administrasinya," ujar Rifki ditulis Bandung, Selasa, 17 Januari 2023. 

Rifki mengatakan 6 balon DPD Jabar itu meminta tambahan waktu mengunggah pengisian data Silon ke KPU seperti yang dilakukan oleh 15 balon lainnya.Tambahan waktu itu mulai dari 29 Desember 2022 hingga 31 Desember 2022 atau 3x24 jam. Namun, 11 balon DPD Jabar lainnya dapat segera mengunggah berbagai syarat ke Silon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komedian hingga Pemain Sinetron

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Kantor KPU Jabar, sebagian besar balon DPD Jabar yang telat itu mengaku kurang informasi soal pendaftaran ke Silon.

"Yang sudah selesai memasukan datanya ke Silon itu 41 balon DPD Jabar, kemudian ada tambahan 15 balon DPD Jabar yang kemarin dikasih kesempatan untuk menyelesaikan ke Silon. Jadi totalnya yang sudah selesai memasukan data ke Silon 56 balon DPD Jabar," kata Rifki.

Tahapan seleksi balon DPD Jabar ini dijelaskan Rifki, akan memasuki termin verifikasi administrasi hingga 12 Januari 2023. Sementara untuk penetapan sebagai calon DPD Jabar dilakukan April 2023.

Usai dilakukan verifikasi administrasi, KPU Jabar akan melakukan verifikasi faktual, verifikasi penyerahan dukungan perbaikan. Pada Mei 2023, KPU Jabar baru membuka pendaftaran calon DPD.

Beberapa balon DPD Jabar yang mendaftar Silon di kantor KPU diantaranya komedian Alfiansyah Bustami atau Komeng, pesinetron Jihan Fahira, aktris film Preman Pensiun Rifki Kartini atau Kiki Kinanti, Aceng Fikri, Dalang Deden Amung, Ogi grup komedi SOS, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jabar Dede Amar, Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Denda. Ditambah dua incumbent yaitu Erni dan Amang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.