Sukses

3 Tempat Bersejarah di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bengkulu tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya tapi juga wisata sejarah yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Liputan6.com, Bengkulu - Bengkulu pernah menjadi daerah jajahan beberapa negara seperti Inggris, Jepang, dan Belanda. Sehingga, ditemukan beberapa bangunan di Bengkulu memiliki kekhasan bangunan asing kuno. 

Kini, bangunan kuno yang menyimpan sejarah itu dijadikan lokasi wisata edukasi yang bisa menjadi pilihan liburan sekolah. Jika kalian ingin wisata sejarah ke Bengkulu, berikut 3 bangunan sejarah yang wajib masuk dalam daftar tempat untuk dikunjungi.

1. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough dibangun oleh Inggris pada tahun 1417. Hingga saat ini, bangunan berbentuk kura-kura ini masih berdiri kokoh di dekat pesisir pantai Kota Bengkulu. 

Benteng Marlborough menjadi salah satu wisata favorit di Kota Bengkulu. Selain bangunannya yang masih berdiri dengan kokoh, di dalam Benteng Marlborough juga terdapat beberapa informasi tentang Benteng tersebut. 

Lokasi Benteng ini ada di Jalan Benteng, Kelurahan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara. 

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Bengkulu menjadi salah satu tempat pengasingan Bung Karno pada tahun 1938 sampai tahun 1942. Selama pengasingan ini Bung Karno diberikan sebuah rumah untuk menjadi tempat tinggalnya di Bengkulu. 

Sampai saat ini, rumah pengasingan Bung Karno masih berdiri kokoh. Menariknya, barang barang Bung Karno masih tersimpan dengan rapi dan dipamerkan di rumah pengasingan ini. 

Lokasi rumah pengasingan ini berada di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Gading Cempaka.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Rumah Fatmawati

Tidak jauh dari Rumah Pengasingan Bung Karno, terdapat rumah Ibu Negara Republik Indonesia yaitu Ibu Fatmawati.

Jika sudah berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno, maka alangkah baiknya jika langsung mengunjungi rumah Fatmawati. 

Sama seperti rumah pengasingan Bung Karno, di rumah ini juga dapat melihat beberapa barang milik Fatmawati.

Di dalam rumah Fatmawati ini terdapat mesin jahit yang menjahit Sang Pusaka Bendera Merah Putih. Lokasi rumah Fatmawati ini ada di Jalan Fatmawati, Kelurahan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban.

Itulah 3 rekomendasi tempat wisata sejarah di Bengkulu.

 

Penulis: Arum Indah Respati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini