Sukses

Kaleidoskop Tasikmalaya 2022: Lelang Barang Wali Kota sampai Penyiksaan Kucing

Sebagai satu-satunya kota administratif di wilayah Priangan Timur Jabar Selatan, ragam informasi yang muncul kerap menjadi perhatian masyarakat secara luas.

Liputan6.com, Tasikmalaya - Kehadiran tahun baru 2023 tinggal menghitung hari, banyak peristiwa yang berhasil dirangkum di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat selama satu tahun ini dalam kaleidoskop Kota Tasikmalaya 2022.

Sebagai satu-satunya kota administratif di wilayah Priangan Timur Jabar Selatan, ragam informasi yang muncul kerap menjadi perhatian masyarakat. Berikut kami sajikan beberapa peristiwa yang cukup menyita perhatian publik selama 2022 berlangsung.

Kasus korupsi Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga kini masih menjadi berita seksi di bagi masyarakat Tasik.

Selain vonis 1 tahun 6 bulan penjara bagi Budi, lelang barang wali kota Tasikmalaya juga masih menjadi perhatian masyarakat. Beberapa barang berharga milik Budi dan rekan akhirnya dilelang negara dengan total ratusan juta rupiah.

Informasi selanjutnya yang menjadi perhatian publik soal kematian emak-emak saat pesta perayaan HUT ke-77 RI di Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya akibat serangan jantung saat mengikuti lomba balap karung.

Awalnya korban sempat mendapat tertawaan penonton, saat pertama kali jatuh ke aspal. Mereka menduga korban hanya terjatuh biasa. Namun, dugaan mereka salah. Setelah beberapa saat korban tidak kunjung bangun kembali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyiksaan Kucing Hingga Kemunculan Gas Metan

Kemudian informasi lain mengenai cacar monyet (monkeypox). Kekhawatiran hadirnya penyakit itu bagi masyarakat Kota Tasikmalaya akhirnya menjadi kenyataan, setelah ditemukan adanya seorang pasien terjangkit penyakit tersebut.

Untuk menghindari penularan, pasien langsung menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Kota Tasikmalaya. Belum diketahui secara pasti, bagaimana pasien tersebut terjangkit penyakit itu.

Informasi lain yang menjadi perhatian masyarakat yakni soal dugaan penyiksaan puluhan kucing yang ditemukan di dua tempat Pasar Cikurubuk dan Pasar Indihiang. Atas temuan itu, Komunitas Tasikmalaya Peduli Kucing melaporkan kasus dugaan penyiksaan kucing ke Polres Tasikmalaya Kota.

Penyiksaan kucing pertama diketahui di Pasar Cikurubuk yang menemukan sekitar 10 ekor kucing yang telah mengalami penyiksaan, delapan di antaranya mati, temuan kedua di Pasar Indihiang ditemukan sekitar 13 ekor kucing mati. Atas temuan itu, komunitas itu berharap petugas segera melakukan penangkapan terhadap pelaku.

Kemudian berita lain yang cukup menyita perhatian yakni munculnya gas metan dari salah satu sumur warga di Kampung Rancabogo, Desa/Kecamatan Sukaratu.

Awalnya para pegawai penggali sumur tidak menyadari kehadiran gas tersebut. Namun setelah melanjutkan penggalian, muncul suara gemuruh seperti gas, mereka kemudian memancing menggunakan korek api, dan ternyata menyala hingga akhirnya penggalian dihentikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.