Sukses

Spanyol Terlempar di Piala Dunia 2022, Luis de la Fuente Gantikan Luis Enrique

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini pelatih Spanyol di Piala Dunia 2022, Luis Enrique dikabarkan digantikan oleh pelatih baru bernama Luis de la Fuente. Pasalnya, Enrique gagal membawa La Furia Roja--julukan Spanyol--ke Babak Perempat Final Piala Dunia 2022 setelah kalah dari Maroko.

Pada laga Babak 16 Besar Piala Dunia 2022, Spanyol mampu ditundukan Singa Atlas--julukan Maroko--lewat adu penalti 0(3)-0(0). Hakim Ziyech dan kawan-kawan sukses meriah tiket perempat final dan selanjutkan akan melawan Portugal.

Dilansir dari Marca, alasan digulingkannya Enrique dari pelatih Spanyol bukan tanpa alasan. Federasi Sepak Bola Spanyol menilai bahwa De la Fuente memiliki jejak bagus sebagai pelatih.

Ia telah memenangkan Kejuaraan Eropa U-19, Euro U-21, Pertandingan Mediterania pada 2018 dan merupakan peraih medali perak Olimpiade Tokyo. Bahkan dalam sejarahnya, De la Fuente adalah mantan pemain Klub Atletik, ia sukses menyumbangkan dua gelar liga pada 1980-an.

Pada Mei 2013, ia tiba di Las Rozas dan memimpin timnas Spanyol U-19, kala itu De la Fuente masih berusia 51 tahun dan awal kali pertama perjalanannya sebagai pelatih. Sembilan tahun kemudian, ia sukses membawa tim utama ke posisi teratas.

Kini De la Fuente diberikan tanggung jawab sebagai pelatih baru timnas Spanyol. Ia siap menggantikan posisi Enrique dan anak asuhannya pun siap berada atas perintahnya.

Sedangkan bagi Luis Enrique, kekalahan memalukan yang dialami Spanyol atas Maroko kemarin, telah menjadi sejarah buruk bagi La Furia Roja. Sisi kepercayaan Federasi Sepak Bola Spanyol kepadanya telah anjlok.

Keputusan Federasi juga melibatkan penggemar melalui survei, dengan hasil 77 persen menunjukan Enrique mesti turun dari jabatannya sebagai pelatih Spanyol, dengan total 212.458 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Infografis

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS