Sukses

Mengenal Sejarah dan Peran Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia disebut sebagai Perbasi. Organisasi ini adalah wadah bagi olahraga bola basket di Indonesia dan sudah diakui secara Internasional oleh FIBA.

Liputan6.com, Bandung - Olahraga bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup terkenal di Indonesia, banyak masyarakat yang mempunyai hobi dan kesukaan dalam bola basket.

Di Indonesia, bola basket mempunyai organisasi yang menaunginya yaitu bernama Perbasi.

Perbasi sendiri singkatan dari Persatuan bola basket Seluruh Indonesia yang telah hadir sejak olahraga ini muncul di wilayah Indonesia.

Melansir dari perbasi.or.id, olahraga bola basket masuk ke Indonesia pada 1920-an. Ketika itu, bola basket masuk karena gelombang perantau-perantau yang datang dari Tiongkok ke Indonesia.

Dalam sekolah-sekolah Tionghoa, olahraga ini menjadi salah satu olahraga wajib yang harus dimainkan oleh setiap siswa. Sekolah tersebut pasti selalu ada lapangan basket.

Adapun pada 1930-an, perkumpulan-perkumpulan basket pun terbentuk di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, hingga Semarang.

Olahraga ini juga mulai dikenal di kota-kota usai Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Pada Pekan Olahraga Nasional I (PON) 1948 di Solo, bola basket dimainkan dalam level nasional. Sampai saat ini olahraga bola basket masih menjadi olahraga yang turut diperlombakan dalam tingkat nasional dan juga internasional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Singkat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia

Perbasi menjadi organisasi yang mewadahi kegiatan olahraga bola basket secara nasional. Perannya adalah mempunyai wewenang dalam mengkoordinasikan serta membina segala kegiatan olahraga bola basket yang ada di Indonesia.

Organisasi ini dibentuk pada 1951, bergabung dengan FIBA di 1953 dan mengirimkan timnas pertamanya di asian Games II di Manila, Filipina pada 1954.

Nama Perbasi sendiri berdasarkan dari penyempurnaan penggunaan bahasa Indonesia pada 1955 yaitu PBSI kemudian diubah menjadi Perbasi atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Adapun konferensi pertama dari Perbasi yaitu dilaksanakan di Bandung pada 1955 dan menjadi keputusan bahwa Perbasi adalah organisasi induk dari olahraga bola basket di Indonesia.

Adapun Perbasi juga telah diterima menjadi anggota FIBA (Federasi Bola Basket Internasional) sejak 1953.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.