Sukses

Fans Portugal Tak Sudi Cristiano Ronaldo Jadi Starter Kontra Swiss di Babak 16 Besar, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Laga terakhir Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar 2022 akan mempertemukan Portugal vs Swiss. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari.

Menariknya, sebagian besar penggemar Portugal tidak ingin melihat Cristiano Ronaldo masuk pada barisan starter di laga tersebut. Fakta tersebut berdasarkan pada survei yang dilakukan oleh surat kabar olahraga Portugal A Bola.

Survei tersebut berkaitan dengan kepantasan sosok Ronaldo untuk bertahan di tim nasional. Ternyata 70% memilih untuk tidak.

Ronaldo memang telah berjuang untuk membuat tandanya di Qatar. Namun, ia tidak berhasil menampilkan performa terbaiknya dari semua laga yang sudah dilewatinya. Bahkan dari awal laga sang pemilik nomor punggung 7 itu hanya berhasil mencetak satu gol, itupun lewat titik putih.

Selain itu, mantan pemain Manchester United itu juga masuk dalam pemain XI terburuk di babak penyisihan grup, setelah mengumpulkan nilai rata-rata hanya 6,37 dalam tiga pertandingan.

Para penggemar Portugal sekarang ingin kapten mereka dicoret dari lineup awal saat Selecao bersiap menghadapi Swiss untuk memperebutkan satu tempat di perempat final. Hal itu terbukti dari beberapa komentar pedas yang dilontarkan untuk sang bintang.

“Apa alasannya, mengapa kamu menjadi starter? Dia bukan starter di klub, dia tidak bugar, dia bilang dia ingin memperebutkan gelar, tapi setiap 7 hari dia sakit, dia tidak merasa ingin berlatih, apa pun alasannya. Sangat kasar, saya belum pernah melihat!," ucap salah seorang pendukung Portugal, dikutip dari laman Sportskeeda, Selasa (6/12/2022).

“Dia seharusnya tidak dipanggil setelah semua yang terjadi di Manchester. Dia memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam seleksi ini, tetapi dia menjadi penghalang. Dia menghancurkan citra yang dia bangun sendiri. Kalah dia, dan kalah pilihan. Ini bukan lagi CR7; ini CR37,” ucap penggemar lainnya dengan sinis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Penampilan Menurun

Penampilan Ronaldo memang tampak sangat menurun tahun ini. Sentuhan akhirnya tidak setajam dulu saat masih main di Real Madrid dan Juventus. Selain itu, dia juga tidak secepat dulu dalam berlari.

Karena penampilannya yang curuk, Portugal harus rela menelan kekalahan dari Korea Selatan dengan gol 2-1. Secara keseluruhan, laga tersebut dianggap sebagai penampilan terburuk di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Pertemuan Portugal dengan Swiss di babak 16 besar ini merupakan akan menjadi pertandingan yang luar biasa setelah melewati 16 tahun tidak bertemu sejak 2006 silam. Namun, Portugal mempunyai misi untuk mencapai perempat final Piala Dunia saat ini.

Di atas kertas, Selecao memang diunggulkan menang, tetapi mereka tidak boleh meremehkan Swiss yang kuat dengan opsi serangan yang berkualitas. Ronaldo juga ingin mencetak gol pertamanya di babak sistem gugur kompetisi.

Menyusul kampanye penyisihan grup yang mengecewakan, semua mata akan tertuju padanya untuk menebus kesalahan dan menginspirasi timnya ke delapan besar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS