Sukses

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto, Kaya Pilihan dan Pemandangan

Liputan6.com, Purwokerto - Purwokerto merupakan ibukota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Saat berkunjung ke Purwokerto, kamu bisa menjelajahi wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukasi.

Bahkan, Purwokerto juga bisa menjadi pilihan destinasi untuk healing dari rutinitas. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Purwokerto yang bisa kamu kunjungi:

1. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih berlokasi di Dusun III, Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Destinasi wisata ini memiliki pemandangan alam yang memukau.

Kamu bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari bukit dan pepohonan hijau yang luas. Saat malam hari, kamu bisa melihat keindahan Kota Puwokerto dari atas bukit.

2. Curug Telu

Curug Telu berlokasi di Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya masih berada di dalam kawasan Baturaden.

Sebelum menjadi lokasi wisata, awalnya curug ini berfungsi sebagai salah satu penyuplai air bersih untuk masyarakat sekitar. Namun, seiring berjalannya waktu, curug ini akhirnya difungsikan sebagai destinasi wisata.

Seperti namanya, di sini kamu bisa menemukan pemandangan tiga air terjun sekaligus. Airnya pun terkenal jernih dan segar.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

3. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden berlokasi di Jalan Raya Baturaden, Dusun I Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Destinasi wisata ini bisa menjadi tujuan wisata yang pas untuk keluarga.

Terdapat banyak wahana permainan yang seru untuk anak-anak serta taman untuk bersantai. Beberapa wahana favorit yang bisa dicoba, di antaranya kereta putar, otoped, 4D (empat dimensi), flying fox, kolam renang, dan masih banyak lagi.

4. Museum Wayang Sendang Mas

Selain wisata alam, kamu juga bisa berwisata sejarah ke Museum Wayang Sendang Mas atau Banyumas Wayang Museum. Salah satu destinasi wisata di Purwokerto ini berlokasi di Jalan Budi Utomo No.1, Banyumas, Sudagaran, Kecamatan Banyumas, Kabupaten. Banyumas.

Sesuai namanya, destinasi wisata ini adalah museum yang menyimpan berbagai jenis dan karakter wayang. Kamu bisa mengetahui, mengenal, dan mempelajari tokoh-tokoh pewayangan.

 

3 dari 3 halaman

5. Rumah Pohon Puncak Selok

Menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian adalah hal yang menyenangkan.Selain dari atas bukit, kamu juga bisa menikmati pemandangan dari atas pohon.

Apalagi kalau bukan Rumah Pohon Puncak Selok yang berlokasi di Banyumas. Selain pemandangan pepohonan hijau, kamu juga bisa melihat hamparan sawah dari atas rumah pohon.

6. Taman Balai Kemambang

Taman Balai Kemambang berlokasi di Jalan Kobar No.9, Glempang, Desa Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Dibangun pada 2004 lalu, destinasi wisata ini sebenarnya difungsikan sebagai lokasi penghijauan.

Lokasi ini juga difungsikan untuk melestarikan dan melindungi titik-titik hijau di setiap sudut kota. Seperti konsep yang diusung, taman ini memiliki ukuran yang cukup luas dan asri.

Selain menghadirkan pepohonan yang asri, penataan taman di lokasi ini pun terbilang sangat bagus. Didukung juga dengan berbagai lampu hias di setiap sudut, lokasi ini menjadi semakin indah saat malam hari.

7. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi berlokasi di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Jika kamu mencari destinasi wisata dengan air pegunungan yang segar, Telaga Mas bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tempat wisata di Purwokerto ini memiliki suasana yang tenang dan damai. Pasalnya, lokasi destinasi wisata ini cukup jauh dari hiruk pikuk dan ramainya perkotaan.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS